Iklan

March 28, 2023, 00:25 WIB
Last Updated 2023-03-28T07:26:44Z
Dinamika

Aksi Sosial, Lanud Sam Ratulangi Gandeng RS Sentra Medika Bantu Stok Darah Minahasa Utara


Jurnal Manado - Lanud Sam Ratulangi menggandeng RS Sentra Medika Int'l Hospital menyuplai pasokan darah bagi masyarakat Sulut khususnya Minahasa Utara dalam kegiatan Donor Darah, bertempat di RS Sentra Medika Minahasa Utara,  Senin (27/03/2023). 


Dalam sambutannya Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib, S.E.  MM., mengatakan tindakan kemanusiaan ini hendaklah dijadikan kegiatan rutinitas antara TNI AU dan RS Sentra Medika.  "Bukan hanya terbatas pada kegiatan peringatan hari hari besar namun juga dapat diagendakan. Lanud Sam Ratulangi bersinergi dengan RS Sentra Medika Minahasa Utara," ujarnya saat acara pembukaan Donor Darah peringatan HUT ke 77 TNI AU. 


Sementara itu,  dr. Cecilia Narita selaku Direktur Utama RS Sentra Medika Internasional Hospital mengatakan bahwa kesempatan di bulan Ramadhan ini, kegiatan Donor Darah akan membawa berkah. 


Pasokan darah sangat dibutuhkan sebab permintaan sangat tinggi.  Hal ini menurut Wakil Direktur RS dr. Ivan Wijaya, disebabkan oleh tuntutan pasien yang gagal ginjal, atau karena pandemi, dan kecelakaan.  


Donor darah ini pula mengundang instansi lainnya. Lantamal VIII Kairagi 4 pendonor,  Polres Minahasa Utara 15 pendonor, Kodam XIII Merdeka 9 orang, Air Nav Prov Sulut 1 orang dan Bea Cukai Sulut 2 pendonor. Ibu PIA Ardhya Garini 1 ibu. Masyarakat umum 11 orang dan dari TNI AU 21 personel. 


Diawali dengan pendaftaran di meja PMI, selanjutnya menggunakan sistem registrasi PMI pendonor dimintakan untuk memasukkan data dan pengisian formulir PMI. Diakhir kegiatan terkumpul 64 kantong darah yang selanjutnya akan diproses di Palang Merah Indonesia Prov. SULUT, menjadi pasokan darah bagi warga Sulawesi Utara.  ***(Autentifikasi Kapen Lanud Sam Ratulangi Manado Letkol (Sus) Michiko Moningkey. Foto Serda Jeferi).