Iklan

March 31, 2023, 17:50 WIB
Last Updated 2023-04-04T12:30:42Z
AdvetorialBolmongUtama

Tim Evaluasi Pemprov Apresiasi Kinerja Penjabat Bupati. Limi Tak Jumawah : Saya Menjalankan Tugas Gubernur

Penjabat Bupati Limi Mokodompit Usai Mengikuti Evaluasi Oleh Sekprov dan Tim di Kantor Gubernur. 

Jurnal Manado - Meski baru seumur jagung namun Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Ir. Limi Mokodompit MM, mampu memikul tanggungjawab yang diberikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. 

Hal itu dibuktikan dengan hasil kinerja yang baik selama 10 bulan memimpin bolmong. 

Penghargaan demi penghargaan pun diterima diantaranya yaitu penghargaan dan trophy dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, di Jakarta, Selasa 4 Agustus 2022, atas predikat Pratama Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022.


Ir Limi Mokodompit MM menerima piagam penghargaan dari International Human Resources Development Program (IHRDP), dalam kategori Indonesia Best Leadership Award 2022, atau seorang putra yang mempunyai kepemimpinan terbaik.

Selain itu, yang membanggakan adalah hasil evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Dimana, Pemerintah Bolmong sebagai terbaik se-Sulawesi Utara (se-Sulut). 


Keberhasilan itu diumumkan melalui surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 108 tahun 2023 tentang hasil pemantauan dan evaluasi sistem pemerintahan berbasis elektronik pada intansi pusat dan pemerintah daerah tahun 2022.

Pemerintah Bolmong mendapatkan predikat baik dengan nilai indeks 2,74 se-Sulut.

Bukan hanya itu saja, penghargaan datangnya dari warga bolmong dengan memberikan gelar adat "BOGANI" kepada Limi. 


Penganugerahan itu atas hasil rapat bakid tokoh adat dari tingkat desa hingga kecamatan. 

Dari hasil evaluasi "Gedung Putih" Sulut yang dikomandani Sekdaprov Sulut Steve Kepel, mengakui kinerja Penjabat sangat positif dinilai dari indikator pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.


"Penjabat bupati tersebut memenuhi indikator-indikator yang harus dipenuhi seorang kepala daerah," kata Sekprov didampingi Asisten I Dr Denny Mangala MSi, Asisten II Praseno Hadi, Asisten III Dr Franky Manumpil, Inspektur Drs Mecky Onibala MSi, Kepala BKD Clay June Dondokambey SSTP MAP dan Kepala BPKAD Dr Femmy Suluh MSi. Jumat (31/03/2023). Sembari mengatakan indikator pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) hingga penurunan angka kemiskinan. Evaluasi dilakukan secara terpisah. 

Meski demikian, Kepel mengakui bahwa dari hasil evaluasi diinginkan Penjabat masih orang yang sama. 

Limi sendiri saat ditanyai terkait hasil evaluasi dan harapan dari tim evaluasi mengatakan, dirinya hanya menjalankan perintah atasan. 


"Selama diberikan tugas oleh Pak Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai Penjabat Bupati, saya menjalankan dengan penuh tanggung jawab, " ujarnya. 

Terkait indikator yang dinilai katanya, sesuai yang diharapkan. 

“Stunting, IPM dan peningkatan PAD, semua bisa tercapai. Ini karena bentuk sinergitas antara pemerintahan OD-SK dengan Pemkab Bolmong berjalan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Kendati demikian, Limi mengaku tak jumawa terkait diperpanjang soal Penjabat Bupati Bolmong.

“Saya tak mau mendahului. Yang penting parameter, indikator seorang penjabat bupati selama tugas yang diberikan pak gubernur sudah dipenuhi dan faktanya ada, data ada,”pungkasnya.

(man)