Iklan

April 12, 2023, 07:06 WIB
Last Updated 2023-04-12T14:06:05Z
PemerintahanPendidikanUtama

Didampingi Wagub, Gubernur Lantik 132 Kepsek se - Sulut


Jurnal Manado - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan 132 Kepala Sekolah (Kepsek) SMA, SMK dan SLB se-Sulut.


Pelantikan yang dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw ini berlangsung di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Rabu 12 April 2023.


Pada kesempatan ini, Gubernur Olly memberikan ucapan selamat kepada kepsek yang baru dilantik. “Selamat bekerja kepada saudara-saudara baru dilantik, khususnya yang baru menjadi Kepsek. Dan, selamat juga kepsek yang bisa melanjutkan periodisasi berikut,” ujarnya.


Perombakan kepsek ini, tegas Gubernur Olly, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sulut. “Pemprov Sulut sekalu konsisten pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini harus dipahami karena saya dan pak Steven, menjadikan visi dan misi kita dalam peningkatan kualitas SDM. Implementasinya ada sama bapak/ibu (kepsek). Kita yang arahkan, yang menjalankan bapak/ibu,” tukasnya.


Olly pun bersyukur peningkatan SDM dari tahun ke tahun meningkat. Namun yang jadi pertanyaan gubernur, bahwa peningkatan itu terjadi karena para Kepsek atau naik sendirinya.


Bijaklah Bersosmed, Gubernur Olly Dondokambey Lantik 132 Kepsek SMA/SMK/SLB

Para Kepsek SMA/SMK/SLB se-Sulut yang dilantik oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey./sulutimes-edit

“Jadi, saya kira dalam hal ini kita harus tetap menjadikan pendidikan inklusif, terjaga dan berkualitas,” tegasnya.


Orang nomo satu di Bumi Nyiur Melambai ini mengakui dalam pengangkatan jabatan yang baru, tidak diwawancarai satu per satu para Kepsek.


“Saya mengangkat saudara-saudara lewat proses. Semua ada ikut proses seleksi. Karena kita tidak mungkin wawancara satu per satu. Saya lihat data yang ada dilaporkan. Baru kita tetapkan,” bebernya.


Karena tak mengenal para kepsek, Gubernur Olly meminta menjadi pemimpin di sekolah agar bijak dalam Media Sosial (Medsos). “Tapi ada satu hal yang perlu ditekankan. Kalau saya baca medsos ada yang main-main, langsung saya suruh ganti. Tanpa laporan, klarifikasi saya perintahkan ganti. Jadi hati-hati masuk medsos,” tegasnya.


Selain di medsos, para kepsek juga harus mendidik sesuai dengan aturan. “Saya sangat berharap bekerja dengan baik, jangan sampai ada murid mengadu Kepsek. Orang tua murid mengadu,” tegasnya lagi.


Diketahui, sebelum dilantik para kepsek ini digodok selama empat bulan lamanya.

(man)