Iklan

April 14, 2023, 20:24 WIB
Last Updated 2023-04-15T03:24:51Z
EkonomiMitraUtama

Kucurkan KUR BSG Ratahan Mendorong Generasi Muda Berwirausaha


Jurnal,Mitra - Bank SulutGo (BSG) Cabang Ratahan mendorong generasi muda untuk berwirausaha melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang adalah fasilitas kredit atau pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup. 


Kepala BSG Ratahan Meivi Runtulalo melalui Manajer Kredit Julita Rumondor mengatakan bahwa melalui bantuan KUR, pemerintah berusaha membantu pengusaha–pengusaha kecil yang unbankable menjadi lebih mudah mendapatkan akses ke lembaga keuangan atau pembiayaan yang terjamin agar usaha yang dimiliki lebih berkembang. "Salah satu syarat untuk mendapatkan pembiayaan dari KUR adalah memiliki usaha yang produktif dan layak. Usaha produktif yang dimaksud di sini adalah memiliki usaha yang menghasilkan barang dan/atau jasa untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha," jelas Rumondor, Rabu 12/4/23.


Kata dia, usaha yang disebut layak adalah usaha yang dimiliki pelaku usaha dapat memberikan laba sehingga mampu membayar bunga/ marjin dan mengembalikan seluruh  kewajiban pokok kredit/ pembiayaan lainnya dalam jangka waktu yang disepakati dan memberikan sisa keuntungan untuk mengembangkan usahanya. "Ada juga syarat umum yang harus dipenuhi pelaku usaha, pertama, berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dan harus memiliki usaha yang berjalan paling sedikit 6 bulan. Selanjutnya, melengkapi dokumen, seperti fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), fotokopi surat nikah bagi yang sudah menikah, surat izin usaha atau keterangan usaha dari kelurahan/kecamatan," kata Rumondor.


Ditambahkannya dari hasil kerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bidang Kepemudaan ketika melakukan sosialisasi mendapatkan respon. "Saat ini dari sosialisasi bersama dengan pihak Dispora sudah ada yang mengajukan permohonan. Ada 7 permohonan yang sudah lolos survey tinggal menunggu persetujuan untuk mendapatkan modal usaha. Kami juga akan kembali melakukan sosialisasi bersama Dispora untuk mengajak anak-anak muda untuk berwirausaha usaha," tambah Rumondor. (hak)