Iklan

April 7, 2023, 15:52 WIB
Last Updated 2023-04-08T23:01:57Z
AdvetorialBolmongUtama

Peringatan Nuzulul Quran, Bupati Limi Minta Warga Bolmong Bersatu dan Junjung Kerukunan

Pj. Bupati Bolmong Limi Mokodompit Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Nuzulul Quran

Jurnal Bolmong - Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir. Limi Mokodompit, menghadiri acara Nuzul Qur’an tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Desa Bumbung Kecamatan Lolak, Jumat (7/4/2023).

Peringatan malam turunnya Al - Quran diawali dengan kalam ilahi dan dilanjutkan dengan sambutan pemerintah desa. 

“Kami Pemdes dan masyarakat Desa Bumbung dan Buntalo bersatu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati. Dimana ini adalah kesempatan kedua kalinya bupati mengunjungi Desa Bumbung dan Desa Buntalo bersatu. Ini bukti dan wujud nyata kecintaan bupati kepada semua masyarakat disini,” ungkap Oslan Olii.

Dalam kesempatan ini juga, Sangadi Bumbung menyampaikan keluhan masyarakat terkait akses jalan menuju ibukota, serta jembatan penghubung antara Desa Bumbung dengan Desa Lolak.

Sementara bupati dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada warga dan pemerintah setempat. 


“Terima kasih atas sambutan dan kebersamaan kita semua, ini suatu potret kebersamaan dan keberagaman, dimana disini pluralisme sangat dijunjung, terbukti dengan kehadiran saudara – saudara kita non muslim dari desa Buntalo bersatu di acara Nuzulul Quran, mencerminkan sikap toleransi yang patut dicontohi,”kata Limi. 

Alhamdulillah, kita semua bisa hidup berdampingan dengan rukun dan damai, sehingga kita bisa merayakan natal dan tahun baru dengan tentram dan aman, serta malam hari ini kita bisa melaksanakan Nuzulul Quran dan menjalankan ibadah puasa penuh berkah ini dengan suasana nyaman dan damai. Semua ini tidak lepas dari peran serta para pemimpin kita dan para tokoh-tokoh Bolmong yang memegang teguh dasar-dasar kebersamaan pluralisme yang diwariskan nenek moyag kita sejak dahulu,” ujar Bupati Limi.


Pada kesempatan itu pula, Limi menyampaikan beberapa hal yaitu capaian penyelenggaraan pemerintahan dan kemasyarakatan tahun 2022.“Infrastruktur jalan jalan, sarana kesehatan terlaksana dengan baik. Alhamdulillah program tahun 2023 dengan evaluasi, kita termasuk pengelola dana DAK terbaik. Jika tidak di kelola dengan baik akan membebani APBD,” ungkap Limi Mokodompit.

Masalah stunting, dimana dirinya meminta semua pihak bersama - sama menekan persoalan itu. 

“Target saya angka stunting nol. Anak kita harus sehat, kuat dan cerdas,” katanya.

Foto Bersama Bupati dan Jajaran Serta Para Undangan dan Anak Panti

Pertumbuhan ekonomi juga mengalami kenaikan yang signifikan. Dari 3,5 persen menjadi 5,3 persen. Untuk investasi yang sebelumnya hanya 500 sampai 600 perijinan, saat ini sudah mencapai 1.000 lebih perijinan. Pemda memberikan ruang bagi investasi selama dapat memberikan dampak secara ekonomi bagi masyarakat,” terangnya.


Angka kemiskinan di Bolmong juga mulai menurun. Indikatornya ada harapan lebih baik ke depan. Menyangkut pelayanan publik, Pj Bupati Bolmong mencontohkan seperti yang dilaksanakan di Desa Bumbung, yakni peringatan malam Nuzulul Qur’an. “Malam ini adalah standar minimal pelayanan publik. Masyarakat harus memahami pemimpinya dan pemimpin juga harus memahami masyarakatnya,” kata Bupati.

Pun tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD), Bolmong mencapai target 120,3 persen atau ada kenaikan. “Ini berkat kerja semua, dprd, skpd, camat dan sangadi. Kedepan daerah kita harus punya perusahaan daerah. Silaturahmi pada malam hari ini akan dilanjutkan terus. Pelayanan publik juga sudah mulai ada perbaikan,” tandasnya. 


Bupati menyampaikan pesan Gubernur. 

 “Tugas pemimpin itu ada dua, bagaimana menyenangkan masyarakat dan bagaimana menyejahterakan masyarakat,” katanya. 

Diakhir sambutan Penjabat bupati mengajak agar seluruh bolmong raya untuk bergandengan tangan, bersatu membangun bolmong lebih sejahtera. 

Kegiatan ini dihadiri Ketua TP PKK Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas SSos, Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit S.M MBA, Ketua Fraksi PKB Supandri Damogalad, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Zainudin Paputungan, Staf Ahli, Staf Khusus Bupati, Pejabat Tinggi Pratama, pengawas, administrator, pengawas dan pelaksana.

Ketua MUI dan BKSAUA Suleman Amba, Mantan Kepala Kantor Kanwil Gorontalo Sulteng Rusman Langke MPd, Jajaran Pengurus PKK Bolmong, Camat Lolak dan Forkopimcam, Sangadi Bumbung Oslan Olii, jajaran pimpinan dan lembaga desa, pengurus remaja masjid, unsur pemuda dan masyarakat Desa Bumbung.

Ketua TP PKK Ny Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas SSos, menyerahkan Santunan Kepada Anak Yatim

Pada kesempatan itu juga, Ketua TP-PKK menyerahkan santunan berupa zakat dan sedekah kepada anak-anak yatim piatu.


(adv)