Iklan

April 11, 2023, 21:30 WIB
Last Updated 2023-05-08T04:03:56Z
EkonomiPemerintahanUtama

Serahkan SIKP Award, Wagub : Pertumbuhan Ekonomi Sulut Diatas Pertumbuhan Nasional


Jurnal Manado - Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw memberikan SIKP Award kepada kabupaten kota, dalam Rakorda Peningkatan Penyaluran Kredit Usaha Tahun 2023 di Sulut, di Aula GKN Manado, Selasa (11/04/2023).


Di mana peringkat pertama di dapat Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sangihe, peringkat Kedua Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kotamobagu dan Peringkat Ketiga Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bolsel. Sementara mitra terbaik didapat Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut.


Wagub Steven memberikan apresiasi kepada Kementerian Keuangan selama tujuh tahun memberikan testimoni dan kontribusi yang positif pada pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.


“Saya Salut kepada Kementerian Keuangan atas koordinasi yang mantap dan banyak hal positif yang didapat,” ungkap Wagub.


Menurut Wagub Steven, hampir 3 tahun kita telah dilanda covid. Puji Tuhan data BPS melaporkan pertumbuhan ekonomi Sulut 5,42 persen, di atas pertumbuhan ekonomi nasional. “Paling besar disumbangkan sektor pertanian dan perikanan juga UMKM,” sebut Wagub.


Wagub juga merespon positif langkah Kementerian Keuangan yang telah mengumpulkan kita semua dalam ikhtiar dan usaha kita dalam meningkatkan penyaluran kredit UMKM.


Selain itu, Wagub menyebutkan dari 15 kabupaten/kota, hanya Kota Manado fiskal menengah. Sementara kabupaten kota lain fiskal rendah.


“Harusnya pemerintah kabupaten/kota mencari inovasi dan mengendorse UMKM untuk memanfaatkan dana KUR 7 triliun ini. Bayangkan kalau 7 triliun ini beredar di masyarakat jadi modal untuk masyarakat. Wah daya ungkitnya luar biasa. Karena pemerintah daerah ujung tombak,” ungkap Wagub.


Wagub Steven mengungkapkan alasan tidak terserap anggaran KUR 7 triliun, karena masa bodoh dari pemerintah daerah, tidak mau mencari potensi penerima dan memberikan pendampingan. Serta kurangnya sosialisasi terkait KUR ini. Kredit sampai 100 juta tanpa agunan.


“Mudah-mudahan lewat acara ini, pemerintah daerah dapat memanfaatkan anggaran ini. Karena Pak Gubernur sangat mendorong,” ungkap Wagub.


Wagub juga memberikan apresiasi kepada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sangihe, Kotamobagu dan Bolsel yang mendapat SIKP Award karena banyak menginput data calon nasabah KUR melalui Sistem Informasi Kredit Program.(*)