Iklan

May 12, 2023, 20:06 WIB
Last Updated 2023-05-13T03:06:34Z
PolitikUtama

Bawaslu Sulut, Awasi Pendaftaran Bacalon DPRD dan DPD RI


JurnalManado - Badan Pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Sukawesi Utara (Sulut) sementara melakukan pengawasan pendaftaran bakal calon (Bacalon) Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) dan Dewan perwakilan daerah (DPD) Republik lndonesia  (RI) masih berlangsung di KPU Sulut.


Tim yang dipimpin Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh, Supriadi Pangelu dan  Awaluddin Umbola  tim Bawaslu lain di Kantor KPU Sulut.


Pendaftaran sesuai jadwal pentahapan akan ditutup Minggu 14 Mei 2023.


Hal ini terlihat ketika di hari ke 13  proses pendaftaran di KPU, Ketua Bawaslu Ardiles Mewoh, bersama anggota Supriady Pangellu dan Awaludin Umbola hadir dan mengawasi empat calon anggota DPD RI yang mendaftar pada Jumat (22/5/2023) kemarin


Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulut, Supriady Pangellu kepada wartawan mengatakan, terkait proses pendafataran menyatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan secara melekat hingga tahapan verifikasi administrasi.


“Kami hadir disini melakukan pengawasan untuk memastikan seluruh proses yang dijalankan KPU Sulut sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Kami juga mengharapkan peran serta masyarakat turut terlibat mengawasi tahapan ini,” tegas Pangellu.


Lanjut Pangellu, sampai dengan hari ini sistim infromasi calon (Silon) berjalan baik dan tidak ada ganggauan sehingga memudahkan data calon di akses untuk mendapatkan berita acara.


” Kalau data calon tidak sinkron maka tentunya sulit bagi KPU untuk mendapatkan berita acara. Sejauh ini kami melihat prosesnya sudah baik,”tambahnya, sambil menyatakan Bawaslu siap mengawasi setiap tahapan sesuai dengan ketentuan yang ada. (tino)