Iklan

June 4, 2023, 23:13 WIB
Last Updated 2023-06-05T06:13:22Z
Politik

lr Farry Liwe MSc Dorang Pemprov Bentuk Tim Terpadu Antisipasi Virus ASF


JurnalManado - Antisipasi penyebaran Vurus ASF masuk ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Personil Komisi ll Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provijsi Sulawesi Utara (Sulut), lr Ferry Liwe  MSc meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) membentuk tim terpadu untuk mengantisipasi virus african swine fever (ASF) menyebar dan masuk di Sulawesi Utara (Sulut).


Hal ini disampaikan legislator daerah pemilihan (dapil) Minsel-Minsel di sela rapat Komisi  ll bersama pihak-pihak terkait membicarakan gejolak yang terjadi saat ini. 


Selain membentuk tim terpadu personil Komisi ll ini menyarankan  agar Pemprov manfaatkan dana force majeure mengantisipasi kendala di lapangan.


"Ternyata memang kasus ini sudah terekspos dari tahun 2020. Tapi kenyataannya apa yang sudah disampaikan Kadis Peternakan, kalau Sulut virus ini masih nol," sebut Mantan Sekda Mitra kepada JurnalManado.com.


Lnjut politisi PDIP Sulut ini menilai faktor luar biasa yang meresahkan. Sebab, warga tidak bisa beternak karena takut virus ini masuk.


Memang mungkin ada kendala dana dalam mengantisipasi ini. Nah, ini perlu ada pendanaan. Dana yang tak terduga bisa dimasukan untuk mengantisipasi soal ini. Sehingga adanya keluhan untuk petugas di perbatasan,maupun pihak aparat maupun dari pemerintah di daerah perbatasan, bisa terhindari. Dana tersebut juga sudah termasuk menyiapkan lahan pemusnahan dan lainnya untuk petugas yang menjaga itu," tutupnya. (tino)