Iklan

October 1, 2023, 19:19 WIB
Last Updated 2023-10-02T02:19:34Z
BitungManadoPemerintahanUtama

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Gubernur Melalui Sekprov Steve Kepel

Sekprov Steve Kepel Saat Memimpin Upacara. (ist) 

Jurnal Manado - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang dirangkaikan dengan hati batik nasional, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar upacara di Lapangan Kantor Gubernur Sulut, Senin (02/10/2023). 

Upacara dipimpin Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Steve Kepel. 

Dalam arahan Gubernur melalui Kepel mengingatkan pentingnya mempertahankan nilai - nilai luhur dan budaya dan Pancasila menjadi pemandu bangsa indonesia.


“Pancasila juga menjadi ideologi dan dasar negara, menjadi sumber dari segala sumber hukum, yang secara konstitusional mengatur negara Indonesia” terang Sekprov.


Dalam Pancasila terkandung unsur-unsur rakyat ,wilayah termasuk di dalamnya pemerintahan negara serta pemerintahan daerah.


“Pancasila yang di gagas oleh pendiri bangsa dan anugerah yang tiada tara dari Tuhan yang mahakuasa buat bangsa Indonesia, walaupun kita sebagai bangsa Indonesia belum secara sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila,” kata Steve kepel.


Lanjut sekprov, Pancasila sebagai keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, karena dari situ dpat dirajut bingkai kebangsaan.


“Proses internalisasi sekaligus pengenalan nilai-nilai Pancasila, harus diperjuangkan terus menerus, olehkarenanya dalam peringatan hari Pancasila ini saya mengajak masyarakat sulut, untuk lebih memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” pungkasnya. 

(*)