Iklan

October 31, 2023, 21:01 WIB
Last Updated 2023-11-01T04:07:48Z
Politik

Reza Rumambi, Instruksikan Seluruh Bacaleg PDIP Turunkan APK



JurnalManado - Mulai Kamis (2/11/2023) Badan pengawas pemilu (Bawaslu), TNI/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) akan melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) Bakal calon legislatif (Bacaleg), Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) akan dilaksanakan.


Hal ini disampaikan Sekretaris PDIP Sulawesi Utara (Sulut) Reza Rumambi kepada JurnalManado.com Rabu (1/11/2023) melalui rillisnya.


Reza Rumambi, juga bacaleg Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota Manado daerah pemilihan (dapil) Singkil-Mapanget mengharapkan Bacaleg dari PDIP dari DPRD Kabupaten/Kota hingga DPR RI untuk tetap mengikuti aturan yang disampaikan KPU.


Karena PDIP harus menjadi contoh, mengikuti aturan yang disampaikan KPU," pinta Rumambi.



Adapun hal- hal yang berkaitan dengan Penertiban APK adalah : 


1. Bawaslu, Satpol PP, dan pihak terkait akan menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) pada tanggal 2-3 Nopember 2023 


2. Jenis APK dan Bahan Kampanye yang akan ditertibkan; memiliki Baliho, Billboard, Umbul-umbul, bendera, spanduk, sticker dan sejenisnya namun memiliki unsur, ada Logo partai, Nomor Urut, dan nama partai. 


Selain itu penindakan dilakukan baik diruang publik hingga dihalaman rumah. 


3. Mobil operasional, mobil umum, ambulance yang memuat sticker atau one way atau semacam branding partai politik dan Bacaleg akan ditertibkan oleh Bawaslu bersama pihak lainnya. 


4. Sampai pada tanggal 27 Nopember, seluruh peserta pemilu dilarang berkampanye kecuali ada kegiatan internal parpol yang dilaporkan ke penyelenggara pemilu. 


5. Posko pemenangan tidak diperkenankan berdiri sampai dengan ada ketetapan dari KPU. Sehingga itu, rumah pemenangan akan ditertibkan. Kecuali sekretariat partai di semua tingkatan 


6. Semua penindakan pelanggaran akan diumumkan oleh Bawaslu ke ruang publik. 


APK Bacaleg, diturunkan Jumat (3/11/2023) dan dipasang (28/11/2023) pagi. (tino)