Iklan

November 10, 2023, 14:04 WIB
Last Updated 2023-11-10T22:04:07Z
AdvetorialBitungBolmongEkonomiUtama

Irup Upacara Hari Pahlawan ke - 78, Bupati : Bersama Kita Bangun Usaha dan Ekonomi Kerakyatan


Jurnal Bolmong - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke - 78, Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Bolaang Mongondow menggelar upacara bendera di Lapangan Kantor Sekretariat Kabupaten, Jumat (10/11/2023) 


Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM. 

Pada kesempatan itu, Bupati membacakan sambutan Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan tema  ‘Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’. 


Dikatakan Bupati Limi Mokodompit tema tersebut diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Sebab bangsa ini merupakan pasar yang besar dan dikaruniai banyak sumber daya alam yang luar biasa. “Seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” ucap Penjabat Bupati Limi Mokodompit.

Lanjut Bupati Bolmong menyampaikan para pahlawan telah mengajarkan bahwa bangsa Indonesia bukan bangsa pecundang, dan tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah, sebesar apa pun ancaman dan tantangan akan dihadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora. “Dengan hanya berbekal bambu runcing para pahlawan dalam pertempuran 10 November menghadapi musuh, yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya, rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama beserta pengikut dan laskar-laskar semua melebur menjadi satu, merdeka atau mati,” tegas Bupati Limi Mokodompit.

Lebih lanjut lagi dikatakannya, saat ini bisa bersyukur dan semangat untuk berantas kebedohan dan perangi kemiskinan. Dan dapat dilihat juga dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri. “Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” pungkas Bupati Limi.



Usai upacara dilanjutkan dengan launching berbagai aplikasi para pejabat yang mengikuti PIM III yakni Asisten I Deker Rompas, Sekretaris Dewan Yarlis Hatam dan Kepala Dinas Perkebunan Toni Toligaga. Serta para pejabat eselon III yakni Camat Poigar Alfina Sumenda, Camat Sangtombolang Reza Damopolii, Inspektur Pembantu IV Nurlela Modeong dan Max Mokodompit. Kemudian dilanjutkan dengan  menuju ke Pelabuhan Desa Labuan Uki, melakukan prosesi pelarungan dan tabur bunga untuk menghormati jasa para pahlawan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Kabupaten Tahlis Gallang SIP MM, Kapolres Bolmong AKBP Ariyanto Salkery SH MH, Danyon Brimob Kompi Inuai Kompol Wayan Bimantara, mewakili Danyon Armed Tarik Bogani, Kepala Kantor Kementerian Agama Bolmong, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Bolmong.(amd)