Iklan

November 13, 2023, 23:15 WIB
Last Updated 2023-11-14T07:15:19Z
BitungBolmongEkonomiManadoMinahasaPendidikanUtama

Makam Putra Sri Susuhunan Pakubuwana IV, Pangeran Ronggo Danupoyo Jadi Perhatian Pj. Bupati Minahasa Jemmy Kumendong


Jurnal Tondano - Kepedulian terhadap pejuang - pejuang terdahulu Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi sangat tinggi. Terbukti,  Bupati bersama rombongan melakukan ziarah ke makam - makam para pejuang diantaranya Pahlawan Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi, KH. Ahmad Rifa’i, dan Kyai Modjo, Jumat (10/11/2023) lalu. 

Pada kesempatan itu Bupati dan  jajaran melaksanakan upacara penghormatan dan peletakan karangan bunga oleh Bupati dan dilanjutkan dengan tabur bunga di makam Pahlawan. 

Bupati Kumendong mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului kita. "Mari kita bersama-sama dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa para pahlawan. Selain itu mari kita teladani semangat para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan melalui berbagai talenta, kemampuan dan berbagai bidang yang kita miliki untuk kemajuan pembangunan di Minahasa dan provinsi Sulawesi utara dalam bingkai NKRI," ujar Bupati Kumendong. 


Pada kesempatan itu, saat Bupati Kumendong dan rombongan berziarah di makam pahlawan Kiay Modjo dan KH. Ahmad Rifa'i, bersamaan dengan 19 orang rombongan Umri Rifa'iyah dari Jawa Tengah yang tergabung dari Kabupaten  Wonosobo, Temanggung, Semarang, Pekalongan, melakukan Ziarah di Makam KH Ahmad Rifa'i bertepatan di Hari Pahlawan 10 November 2023.

"Masih ada juga makam anak dari Raja Surakarta Sri Susuhunan Pakubuwana IV yaitu Pangeran Ronggo Danupoyo yang diasingkan belanda karena menentang penjajah dan dianggap membahayakan kolonial. Kita akan survey dan lihat untuk direnovasi. Ini juga bagian dari wujud penghargaan terhadap pejuang, " pungkas Bupati. (man)