Iklan

February 1, 2024, 23:36 WIB
Last Updated 2024-02-05T14:55:06Z
AdvetorialEkonomiNasionalPemerintahanUtama

Ditengah Ketidakpastian Global, Justru APBN Sulut Solid dan Inpresif Dengan Capaian 110,53% dan Diganjar 3 Penghargaan


Jurnal Manado - Selasa, (30/01/2024), Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Treasury Award 2024 dan FGD Kapasitas Fiskal Daerah di Ruang Lt. 6 Gedung Keuangan Negara, Manado. 

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara, Ratih Hapsari Kusumawardani dalam laporannya menyampaikan, Risiko global seperti tensi geopolitik, inflasi dan suku bunga yang tinggi, disrupsi rantai pasok adalah sebagian dari ketidakpastian global yang membayangi

pelaksanaan APBN dan APBN di sepanjang tahun 2023. Di tengah ketidakpastian tersebut, APBN di Sulawesi Utara menunjukkan kinerja yang solid dan impresif dengan realisasi pendapatan negara sebesar Rp5,47 triliun (110,53% dari target) dan belanja negara yang terealisasi Rp22,63 triliun (97,51% dari pagu).
“Raihan-raihan tersebut tidak terlepas dari kinerja baik dari seluruh stakeholders kami, termasuk seluruh pemda di lingkup Sulawesi Utara. Sehingga kembali kami haturkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu sekalian atas kinerja tersebut,”terang Ratih. 

Ia juga menyampaikan rincian alokasi belanja APBN TA 2024 di Sulawesi Utara dimana alokasi belanja Rp22,685 triliun yang didominasi untuk untuk alokasi TKD 2024 yaitu Rp13,427 triliun (proporsi 59% dari total alokasi belanja pemerintah di Sulut). Sementara itu sebesar Rp9.257 triliun adalah pagu belanja satker K/L di Sulawesi Utara.

"Saya sangat berharap dukungan dari seluruh mitra strategis dalam mengawal pelaksanaannya dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Sulawesi Utara,” ungkapnya



Sementara Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dalam sambutannya usai menerima penghargaan Pengelola DAK Fisik Terbaik Tahun 2023 Peringkat Pertama, Peraih Opini BPK WTP atas LKPD 10 kali berturut-turut, serta Mitra Strategis Terkolaboratif Tahun 2023 dalam mendukung Pertumbuhan Ekonomi dari Kementerian Keuangan DJPb Sulut menyampaikan, 

saat ini Sulut telah melewati tahun anggaran 2023, jika di flashback sejenak maka patut berbangga dengan beberapa capaian menggembirakan, yang tentunya hal itu merupakan hasil kerja keras dari semua.


Sampai dengan periode Triwulan III tahun 2023 lalu, BPS mencatat pertumbuhan ekonomi kumulatif Sulut mencapai 5,65 persen. Ekonomi Sulut tumbuh lebih tinggi dibandingkan capaian nasional 5,05 persen. "Begitu juga, dengan inflasi yang sepanjang semester II 2023 dapat dikendalikan di bawah angka 3 persen," tuturnya.


Capaian pada beberapa indikator kesejahteraan Sulut juga terus menunjukkan perbaikan. Diantaranya, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dari 73,81 di tahun 2022 menjadi 74,36 di tahun 2023. "Tingkat pengangguran terbuka sejak tahun 2020 konsisten melanjutkan tren penurunan hingga periode Agustus 2023 menjadi 6,1 persen. Tingkat kemiskinan Sulut juga menjadi yang terendah di wilayah regional pulau Sulawesi," jelasnya.

Wagub juga mengajak, kepada seluruh kepala daerah di Sulut serta seluruh jajaran untuk melakukan evaluasi pelaksanaan anggaran daerah di tahun sebelumnya. "Hal itu penting untuk kita jadikan sebagai masukan berharga dalam merumuskan kebijakan - kebijakan yang akan kita implementasikan di tahun 2024," katanya.

Kesempatan itu pula, Wagub Kandouw mengapresiasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini. "Saya kira kegiatan kali merupakan kegiatan yang positif karena akan memberikan apresiasi kepada Pemda yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah, khususnya pengelolaan Dana Transfer ke Daerah," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pada kegiatan ini juga ada diskusi mengenai kapasitas fiskal daerah. "Kita sama - sama berharap dapat memperoleh insights dari narasumber mengenai apa saja yang perlu kita lakukan dalam meningkatkan kapasitas fiskal daerah. Kapasitas fiskal yang kuat tentunya akan mendukung upaya kita bersama dalam melaksanakan pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulut," pungkas Wagub Kandouw.

Turut menerima penghargaan mewakili Sekprov Ir Steve Kepel MSi, Kepala BKAD Sulut Clay Dondokambey SSTP MAP

(ramsan)