Iklan

February 26, 2024, 04:05 WIB
Last Updated 2024-02-26T12:05:51Z
KesehatanUtama

Buka Rakor Keluarga Sehat. Ibu Rita Prioritas Penanganan Stanting


Jurnal Manado - Dikatakan Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Provinsi Sulawesi Utara merupakan bagian dari program Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pokja 4.


“Sembilan pilot project di antaranya dalam bidang kesehatan yakni peduli stunting, perilaku hidup bersih sehat, kesehatan ibu dan anak, siaga kebakaran lingkungan, serta tanggap dan tangguh bencana alam,”terang Ibu Rita saat membuka Rakor Keluarga Sehat Bencana Provinsi Sulawesi Utara di Three R Hotel -Manado, Senin (26/2/2023).Sembari mengatakan sembilan program ini akan dilihat skala prioritas. 


“Mana yang perlu diperbaiki sehingga terjadi peningkatan atau perubahan derajat kesehatan lebih baik dari kondisi sebelumnya,”jelasnya

Meski demikian Ibu Rita berpesan untuk kebutuhan kabupaten kota harus dilihat mana yang lebih penting untuk dijalankan terlebih dahulu. 

Lanjut Ibu Rita, gerakan PKK keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana merupakan strategi untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan.


“Permasalahan stunting masih menjadi fokus pemerintah saat ini karena prevalensi angka stunting yang masih cukup tinggi. Anggota PKK diharapkan mampu berperan aktif untuk memberikan hasil kerja nyata kepada masyarakat dalam menurunkan angka stunting dengan melakukan intervensi sensitif dan spesifik lewat pelaksanaan pilot project,” pungkas istri tercinta gubernur Olly Dondokambey. 

(ramsan)