Iklan

February 6, 2024, 15:47 WIB
Last Updated 2024-02-06T23:48:34Z
KesehatanPemerintahanUtama

Hari Kanker Sedunia, Ibu Rita : Kaum Perempuan Berperan Penting Pencegahan Kangker


Jurnal Manado - Memperingati Hari Kanker Sedunia, ternyata tak lepas dari peran dan kepedulian kaum perempuan, khususnya di era modern sekarang ini.


Ketua Tim Penggerak PKK Sulut, yang juga Ketua Yayasan Kanker Sulawesi Utara (Sulut), Ny Rita Maya Dondokambey Tamuntuan mengatakan, Hari Kanker Sedunia, diperingati setiap tanggal 4 Februari. Namun di Sulut baru tanggal 6 Februari.

Tentu ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan deteksi dini dan pengobatan penyakit kanker di era modern saat ini. Melalui momentum Hari Kanker Sedunia tahun 2024 saya selaku Ketua YKI Sulut ingin membahas peran yang luar biasa dari kaum perempuan dalam upaya pencegahan kanker,” ucapnya saat menghadiri Sosialisasi Pencegahan Penyakit Kanker Pada Perempuan, pada agenda kegiatan peringatan Hari Kanker Sedunia 2024 di Hotel Aston Manado, Selasa (06/02/2024).


Kaum perempuan, katanya, memainkan peran yang sangat penting dalam pencegahan kanker di era modern ini. Mereka tidak hanya merawat dan mendukung keluarga mereka tetapi juga berperan sebagai pelindung keluarga mereka sendiri. “Dalam hal ini pengetahuan kesadaran tentang kanker sangatlah penting untuk kita semua.


Sebagai perempuan, menurut Ny Rita memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang-orang di sekitar, dengan memberikan contoh bagaimana harus bergaya hidup setiap hari, tentunya hidup yang sehat.


“Dalam era modern yang serba cepat ini kita sering terjebak dalam kebiasaan yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk, kurangnya aktifitas fisik setiap hari, dan paparan terhadap faktor risiko kanker, seperti merokok dan terpapar bahan kimia berbahaya. Namun kita juga memiliki kekuatan dengan mengubah kebiasaan tersebut, dengan mengadopsi pola makan sehat kaya akan buah buahan, sayuran dan serat serta menghindari paparan terhadap zat-zat berbahaya, kita dapat mengurangi risiko kanker bagi diri kita sendiri, sahabat dan keluarga kita masing-masing,” jelasnya.


Selain itu, penting untuk diingat bahwa kaum perempuan, kata Ny Rita, memiliki peran penting dalam mendukung serta mendorong pemeriksaan kanker secara rutin. Antara lain melakukan pemeriksaan yang tepat waktu sperti papsmear, mamografi dan tes kanker lainnya yang dapat membantu mendeteksi kanker secara dini, meningkatkan peluang kesembuhan serta mengurangi tingkat kematian akibat kanker.


“Dalam era modern ini, teknologi juga menjadi alat yang kuat dalam pencegahan kanker. Kita dapat menggunakan aplikasi kesehatan dan perangkat pintar untuk memantau pola makan dan aktivitas fisik dan mengatur jadwal pemeriksaan kesehatan secara efisien. Dengan adanya teknologi ini, kita dapat lebih mudah mengakses informasi tentang kanker dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat,” tukasnya.


Pada peringatan HKS ini, Ny Rita mengajak bersama-sama untuk menghargai dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya peran kaum perempuan dalam pencegahan kanker di era modern.


“Mari kita sama-sama menjadi pelindung kesehatan keluarga kita, kita mengadopsi gaya hidup sehat dan mngambil langkah langkah kesehatan yang tepat. Bersama-sama kita dapat berjuang melawan kanker dan menciptakan dunia yang lebih sehat,” ujarnya.


Turut hadir dalam peringatan Hari Kanker Sedunia, para dokter dengan bidang onkologi, penyintas kanker dan anak-anak pengidap kanker dari Estella RSUP Kandouw, pengurus TP PKK Sulut, Dharma Wanita Persatuan (DWP).

(eda)