Iklan

February 7, 2024, 17:20 WIB
Last Updated 2024-02-08T01:20:44Z
Politik

Wenny Lumentut: Nomor Urut Caleg Tidak Pengaruh, Suara Terbanyak Jadi Penentu Kursi


JurnalManado - Kompetisi di  pemilihan legislatif (Pilleg) ditingkat Kabupaten-Kota hingga ke DPR RI bersaing ketat.


Berbagai cara yang di sampaikan ke masyarakat dimana nomor urut menjadi penentu dalam pileg.


Opini yang sengaja digiring untuk memperngaruhi suara di masyarakat. oleh sejumlah pihak, yang di duga kuat ingin mempengaruhi pemilih.


Ditanggapi Politisi yang juga Caleg PDIP untuk DPR RI, nomor urut 5 Wenny Lumentut, SE.


Saat dimintai tanggapan Lumentut menyatakan berdasarkan aturan yang diterima saat ini dalam pemilu.mengacu pada Sistim Proposional Terbuka.


“Pasal 168 ayat (2) UU Pemilu no 7 tahun 2017. Pemilu untuk memilih DPR, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dilaksanakan dengan sistem proporsional terbuka,” jelasnya Kamis (8/02/2024)


Lanjutnya, dengan sistim proposianal terbuka ini, semua Caleg mempunya kesempatan yang sama berdasarkan pembagian kursi di daerah Pemilihan (dapil) bersangkutan.


“Contoh untuk DPR RI ada 6 kursi semua caleg nomor.1 sampai.6 punya peluang yang sama siapa yang meraih suara terbanyak dia yang akan menang, kecuali misalnya calon itu sudah melakukan kesalahan atau pelanggaran ke partai itu kewenangannya ditentukan pimpinan partai,” Jelas mantan Wakil Ketua DPRD Sulut ini.



Caleg DPR RI No. urut 5 dari PDI Perjuangan ini juga tak menampik jika dirinya sudah menerima informasi dari masyarakat ada oknum oknum yang sengaja mempengaruhi masyarakat dengan  menyampaikan kepada umat jika dirinya nomor urut 5, tidak berpeluang untuk duduk sebagai anggota DPR RI.


“Ini tidak baik, pembohongan publik yang sengaja menjatuhkan saya dihadapan umat Katolik. Tolong tegaskan yang duduk DPR nanti Suara Terbanyak, bukan berdasarkan nomor urut dan ingat semua sudah diatur oleh yang MAHA KUASA siapapun yg terpilih,”tegas Mantan Wakil Walikota Tomohon ini.


“Bukan berarti  yang menempati nomor urut 1 di setiap partai otomatis langsung duduk tidak,tapi suara terbanyak di nomor berapa pun punya peluang sama,” tegasnya. (tino)