Iklan

March 5, 2024, 21:10 WIB
Last Updated 2024-03-06T05:10:19Z
BolmongPemerintahanUtama

Hadiri RDP Dengan KPK, Bupati Limi : MCP Membuat Pengelolaan Keuangan Lebih Baik


Jurnal Manado - Pj. Bupati Limi Mokodompit menghadiri langsung kegiatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Kepala Daerah se - Sulut. 

RDP dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomalango SH. MA. 

Dalam pemyampaiannya, Pomalango mengatakan, Monitoring Centre For Prevention 

(MCP) merupakan sistem pelaporan yang dibuat oleh KPK untuk melaporkan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah setiap tahun. Ini menjadi tolak ukur bagi KPK dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dengan tujuan mendorong perbaikan sistem dan regulasi serta implementasi sistem pengelolaan yang lebih transparan.

Dia menjelaskan capaian ini bisa menjadi cerminan dalam melihat kinerja Pemerintah Daerah, dengan beberapa indikator yang dicermati.


“Mulai dari perencanaan penganggaran, perijinan, pengadaan barang dan jasa, penguatan APIP, manajemen ASN, pendapatan daerah semua bisa kita lihat dari MCP itu, seperti apa kerja-kerja Pemerintah bisa kita lihat dari sini,” jelas Nawawi saat memberikan sambutan pada RDP di Ruang Mapaluse, Rabu (06/03/2024),

Sementara Pj. Bupati Limi Mokodompit memberikan apresiasi yang tinggi bagi KPK karena menerapkan sistim MCP untuk pencegahan korupsi. 

"Sistim ini sangat baik dalam penerapan di pemerintahan. Dengan adanya menjadi monitoring maka pengelolaan keuangan khususnya di Pemerintah Kabupaten Bolmong akan lebih baik, " kata Bupati. 

(amd)