Iklan

May 23, 2024, 08:08 WIB
Last Updated 2024-05-23T15:08:32Z
NasionalUtama

Rapat Pleno PWI Pusat. HPN 2025 di Riau


Jurnal Jakarta - Rapat Pleno PWI Pusat pada Rabu (22/5) menetapkan PWI Provinsi Riau sebagai tuan rumah Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2025. Keputusan ini disahkan melalui Surat Keputusan PWI Pusat Nomor 207-PLP/PP-PWI/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, dan Sekjen Sayid Iskandarsyah.


Hendry Ch Bangun menyatakan bahwa PWI Provinsi Riau perlu segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau dan seluruh pemangku kepentingan untuk mempersiapkan HPN 2025.

PWI Pusat memandang perlu segera menetapkan Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2025 demi kelancaran penyelenggaraan HPN 2025,” ujar Hendry Ch Bangun.


Hadir dalam rapat tersebut sejumlah Pengurus Harian PWI Pusat, termasuk Wasekjen Raja Pane, Ketua Bidang Pendidikan M Nasir, Ketua Bidang Kerjasama M Sarwani, dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Irmanto. Beberapa pengurus lainnya mengikuti rapat melalui “zoom”, seperti Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Kamsul Hasan dan wakilnya Chelsia Chan, Ketua Bidang Pembinaan Daerah M Harris Sadikin, serta Ketua Bidang Organisasi Zulmansyah Sekedang dan Herlina dari PWI Provinsi Riau. Sementara itu, Plt Ketua PWI Provinsi Riau Raja Isyam Azwar tidak dapat menghadiri rapat karena sedang menjalankan ibadah haji.

Surat Pengurus PWI Provinsi Riau tertanggal 7 Mei 2024 yang menyatakan kesediaan menjadi tuan rumah HPN 2025, serta persetujuan dari Penjabat Gubernur Riau melalui surat tertanggal 3 Mei 2024, turut ditunjukkan dalam rapat tersebut.

Peringatan HPN 2025 akan meliputi acara Road To HPN pada 2-8 Februari dan puncak acara pada 9 Februari yang bertepatan dengan hari Minggu. Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, menekankan pentingnya melibatkan masyarakat, terutama generasi muda yang akrab dengan dunia digital, dalam HPN 2025.


HPN 2025 juga direncanakan untuk lebih merakyat dengan mengadakan kegiatan di sekolah-sekolah, seperti apel bendera, cerdas cermat tentang Kode Etik Jurnalistik, hingga kegiatan keliling kampus dan kerjasama penelitian dengan perguruan tinggi setempat.

Kegiatan “Road To HPN” akan mencakup diskusi mengenai Publisher Right, RUU Penyiaran, Budaya Melayu, serta sosialisasi Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) PWI Pusat.


“Penting dibuka ruang interaktif antara masyarakat dan pers di HPN 2025 mendatang,” ujar Hendry Ch Bangun.(*)