Iklan

June 7, 2024, 04:00 WIB
Last Updated 2024-06-07T11:00:01Z
MitraUtama

Tegaskan Tidak Keluar Negeri, Sejumlah Hukum Tua Sebut Berita Hoax


Jurnal,Mitra -- Terkait adanya Informasi Hukum Tua Se Minahasa Tenggara (Mitra) jalan-jalan ke Luar Negeri yaitu Singapura mendapatkan respon para Hukum Tua.


Sejumlah Hukum Tuapun angkat bicara bahwa Agenda Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa yaitu Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Tua telah dibahas pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Tahun TA 2024. "Pelaksanaan Musrenbang pada tahun 2023 merencanakan Peningkatan Kapasitas bagi aparatur desa dan menggunakan anggaran dari Pendapatan Asli Desa (PAD) yang tertata dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Kami Hukum Tua mengikuti Bimtek di Bogor bukan ke Luar Negeri,"  kata Hukum Tua Desa Ponosakan Indah Kecamatan Belang Silvia Bokingo.


Senada disampaikan Hukum Desa Wioy Satu Kecamatan Ratahan Timur Kariani Kolinug, kegiatan Bintek yang dilakukan di bogor atau di dalam negeri merupakan Agenda peningkatan Kapasitas aparatur yaitu Hukum Tua atau Perangkat Desa. "Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Hukum Tua dan Perangkat Desa sama sekali tidak menggunakan Dana Desa (Dandes) melainkan mengunakan Pendapatan Asli Desa," ucapnya.


Sementara itu, Hukum Tua Desa Basaan Dua Kecamatan Ratatotok Michael Suak Menjelaskan Keberangkatan para hukum Tua Se Mitra untuk mengikuti Bintek merupakan program kerja dari seluruh Hukum Tua tahun 2023 dan baru terealisasi tahun ini. "Kami mengikuti Bimtek di dalam negeri bukan jalan jalan ke luar negeri seperti yang di beritakan salah satu media beberapa hari lalu," jelasnya.


Reagen Pantouw hukum Tua desa Moreah Satu Kecamatan Ratatotok sangat menyanyangkan berita yang di publis oleh satu Media terkemuka itu. "Saya atas nama semua Hukum Tua yang mengikuti Bimtek sangat menyanyangkan pemberitaan itu," Ujar Pantouw yang merupakan mantan Wartawan Senior yang maju Pilkades dan terpilih sebagai Hukum Tua.


Pantouw juga berharap kepada teman teman media untuk menulis berita sesuai dengan realita bukan membuat berita Hoaks. "Kami melakukan Bintek di dalam negeri bukan jalan jalan ke luar negeri," Tegasnya.


Donny Wawointana Hukum Tua Desa Mundung Kecamatan Tombatu Timur juga meragukan sumber berita dari salah satu media tersebut. "Berita tersebut Hoax, kami mengikuti Bimtek di Bogor, bukan di Singapura jadi saya melihat berita itu Hoax," tukasnya.(hak)