Iklan

July 11, 2024, 02:34 WIB
Last Updated 2024-07-11T09:34:07Z
Mitra

Gelar Rembuk Stunting, Kumtua Erwin Kandow: Percepatan Penurunan Stunting Prioritas


Jurnal,Mitra - Keseriusan Pemerintah Dalam Rangka Pencegahan dan Penanganan Stunting, maka Badan Pemerintah Desa (Pemdes) Ponosakan Belang Kecamatan Belang mengelar Rembuk Stunting, Jumat 9/7/24.


Kegiatan rembuk stunting dipimpin langsung oleh BPD yang dihadiri langsung Camat Belang Munira Bin Ali serta Pendamping Desa, Pihak Puskesmas dan diikuti peserta rembuk dari masyarakat Desa setempat yaitu PKK, Kader KPM Desa, Posyandu, PPKBD, PAUD dan Tokoh Masyarakat serta Perangkat Desa dan BPD.


Hukum Tua Desa Ponosakan Belang Kecamatan Belang Erwin Kandow mengatakan bahwa Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk Pengusulan Kegiatan pencegahan dan Penanganan Stunting Desa Untuk Tahun Anggaran 2025 serta mengevaluasi program yang sementara berjalan. "tentunya berkaitan dengan program pemerintah pusat yaitu Visi Indonesia adalah generasi emas 2045 Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur yaitu SDM unggul Indonesia maju memiliki kecerdasan yang komprehensif dalam interaksi sosialnya dan berkarakter kuat, sehat menyehatkan dalam interaksi alamnya dan berperadapan unggul. Oleh karena itu maka kami Pemerintah Desa sejak tahun 2020 sampai saat ini terus menganggarkan dana untuk penanganan stunting," katanya.


Desa Ponosakan Belang terus berupaya dalam pencegahan dan penanganan Stunting, dengan berupaya memberikan pemahaman kepada warga masyarakat agar melakukan pola hidup sehat. "Karena penyebab Stunting yaitu kurangnya akses rumah tangga atau keluarga terhadap makanan bergizi, pengasuhan yang kurang baik dan kurangnya akses terhadap air bersih dan sanitasi. Kami terus melakukan upaya meminimalisir atau pencegahan pengaruh dari faktor risiko Stunting dan hingga saat ini di desa kali tidak ada yang Stunting," ucap Kandow.(hak)








Gelar Pasar Murah, Kumtua Erwin Kandow Minta Warga Manfaatkan Program Pemerintah Sebaik Mungkin //


Jurnal,Mitra - Pemerintah Desa (Pemdes) Ponosakan Belang Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melaksanakan kegiatan Pasar Murah.


Hukum Tua Erwin Kandow mengatakan Kegiatan pasar murah merupakan salah satu program Pemdes Ponosakan Belang Kecamatan Belang dalam rangka menjaga ketahanan pangan. "Kegiatan tersebut sudah sesuai dengan rencana kerja Pemdes maka dianggarkan dana untuk Ketahanan pangan (Ketapang) yaitu pasar murah. Kegiatan Ketapang dilaksanakan tiga tahap yaitu tahap 1. 300 paket, Tahap 2 300 paket dan tahap 3 200 paket, kami salurkan berupa Beras, Gula,Minyak Goreng dan Telur dengan harga Rp. 100.000/paket, semua untuk warga masyarakat di desa Ponosakan Belang," katanya Senin 8/7/24.


Untuk itu dirinya berharap melalui program pasar murah ini akan terbantu serta masyarakat Desa Ponosakan Belang dapat Manfaatkan Program Pemerintah Sebaik Mungkin. "Saya berharap kegiatan pasar murah ini akan berdampak dalam menjaga ketahanan pangan kita, kami juga berharap kepada masyarakat agar terus melakukan upaya-upaya dengan mengarap semua potensi di desa, agar kebutuhan dasar dapat terus terpenuhi," harap Kandow.(hak)