Header Ads

Dampak Panas dan Kebakaran, Banyak Cengkih dan Kelapa Mati

Wenas : Sekira Ribuan Hektar Kebun Kelapa dan Cengkih Terbakar dan Kekeringan

Jurnal,Ratahan - Sejumlah lahan perkebunan Kelapa dan Cengkih yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) ludes terbakar dan Kekeringan akibat kemarau panjang.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Mitra Sonny Wenas kepada wartawan mengatakan bahwa terkait hal tersebut instansinya telah melakukan penelusuran di berbagai tempat."Dari penelusuran kami di lapangan, ada sekira ribuan hektare kebun kelapa dan cengkih mengalami kebakaran serta kekeringan," katanya.

Wenas mengungkapkan sejumlah kecamatan yang lahan perkebunan kelapa mengalami kebakaran, yakni di Kecamatan Silian, Tombatu, Touluaan, dan Touluaan Selatan."Khusus untuk cenkih tersebar di berbagai kecamatan, hingga saat masih kita lakukan pendataan dilapangan," ujarnya.

Dirinya mengakui bahwa langkah penanganan dari pemerintah sendiri masih sebatas pendataan untuk kemudian dijadikan acuan pelaporan ke pemerintah pusat sambil menunggu bantuan."Tentunya ini pihak kita baru mendata dan untuk Penanganannya nanti kita koordinasi dengan BPBD juga," pungkas Wenas.

Sementara itu warga mitra yang terkena bencana tersebut berharap agar pemerintah dapat membantu lewat pengadaan bibit untuk bisa ditanam kembali."Kami sangat berharap kiranya pemerintah turun tangan lewat bantuan bibit sehinggah akan mengurangi beban kami," tukas Frits Tompunu warga Tombatu Timur.(hak)

No comments

Powered by Blogger.