Header Ads

Mitra Terancam Gagal Panen

Jurnal,Ratahan - Meletusnya Gunung Soputan pada sabtu (6/02/2016), membuat beberapa wilayah di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) di guyur Abu Vulkanik.

Dari Dampak Abu Vulkanik tesebut hampir seluruh tanaman baik Padi,Jagung,kedelai serta tanaman hortikultura terancam gagal panen.

Assisten 1 Sekretariat Daerah Mitra GH Mamahit kepada JurnalManado (8/02/2016),saat berada di Posko Bencana mengatakan bahwa dampak terparah erupsi gunung soputan kali ini ada di kecamatan pasan."daerah ini yang terparah,namun hingga saat ini belum ada warga yang terkena dampak langsung. Semua sudah diberikan masker untuk mengantisipasi terkena ISPA,"katanya.

Lebih lanjut dirinya saat didampinggi Camat Pasan Maya Daming menjelaskan dari data yang sudah masuk ada sekitar 200 ha tanaman pangan yang tertutup dengan Abu gunung soputan."Padi 53ha, jagung 135 ha dan ada hortil13,4 ha," pungkasnya.

Keduanya menambahkan bahwa data tersebut baru sementara karena bisa saja bertambah."Data tersebut baru yang ada di Kecamatan Pasan, bisa ada yang terkena di daerah perbatasan dengan Pasan yang belum di data,"tutup Daming.(hak)

No comments

Powered by Blogger.