Header Ads

wali Kota Tomohon Raih Penghargaan Kawastara Pawitra



Jurnal,Tomohon - Prestasi membanggakan kembali diraih Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan, yang kali ini mendapatkan penghargaan Kawastara Pawitra yang diserahkan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof Muhadjir Effendy MAP dan diterima Walikota Tomohon yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Daerah Drs Gerardus Mogi bertempat di Ballroom Novotel Solo Jawa Tengah Sabtu (15/10/16).

Pemberian penghargaan Kawastara Pawitra ini, merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada kepala daerah yang dianggap memiliki komitmen yang tinggi dalam membangun dunia pendidikan, khususnya dalam Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) di daerah masing-masing. Selain itu, Pemerintah Pusat juga menilai Kota Tomohon sebagai  salah satu daerah yang sangat peduli dan berhasil dalam memberdayakan Kepala Sekolah, dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta dana swadaya masyarakat. Jadi, bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kota Tomohon adalah satu-satunya penerima dari Provinsi Sulawesi Utara yang mendapatkan penghargaan ini kata Walikota Jimmy F Eman SE Ak melalui Kadis Dikda."Terima kasih sudah memberi kepercayaan kepada Pemkot Tomohon, untuk menjadi salah satu penerima anugerah Kawastara Pawitra dari 113 daerah penerima. Walikota juga mengatakan bahwa pemerintah Kota Tomohon dalam menyiapkan calon kepala sekolah tentu melakukan yang terbaik untuk kemajuan sekolah dan dunia pendidikan pada umumnya, oleh karena itu dalam penempatan kepala sekolah tentu dilakukan dengan sebaik mungkin untuk kemajuan dunia pendidikan.

Menerima Penghargaan Kawastara Pawitra merupakan salah satu wujud komitmen Pemkot Tomohon dalam menegakkan dan menjalankan regulasi terutama di bidang pendidikan. "Dengan begitu, terbangun sinkronisasi kerja antara pusat dan daerah, khususnya dalam membangun peran guru sebagai Kepala Sekolah," tambahnya. Untuk diketahui, PPCKS merupakan program pemerintah di bawah Kemendikbud RI. Dimana diimplementasikan secara terstandar di seluruh Indonesia.  Adapun dampak yang dirasakan sangat baik bagi manajemen sekolah dan terjamin kelanjutannya. Apalagi, sejauh ini PPCKS sudah dilaksanakan pada 334 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia termasuk Kota Tomohon.

Sebelumnya ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (LPPKS Kemendikbud), Siswandari, dalam laporannya mengatakan "Ada 113 kepala daerah yang diundang mendapatkan anugerahKawastara Pawitra.""Yang hadir berjumlah 98, hampir 100 persen hadir," katanya. Sedangkan Mendikbud Mendikbud Muhadjir dalam arahannya berpesan kepada para pendidik khususnya kepala sekolah untuk siap melakukan perubahan. Seiring dengan komitmen yang tinggi kepala daerah dalam memajukan dunia pendidikan di daerahnya masing-masing. Penghargaan ini merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan kepala daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah yang dipimpinnya. Seperti tertuang dalam Permendiknas nomor 28 Tahun 2010 yang adalah komitmen kita dalammeningkatkan pendidikan khususnya di ruang lingkup tenaga pendidik.


No comments

Powered by Blogger.