Header Ads

Kartika : Penyakit Zoonosis Dapat Menular Kepada Manusia


Karo Kesra Kartika Devi Tanos

Jurnal,Manado – Dikatakan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), dr Kartika Devi Tanos Bahwa penyakit yang terdapat pada hewan atau disebut Zoonosis sangat berbahaya karena dapat menularkan kepada manusia secara alami.

Menurutnya, Zoonosis harus dikendalikan karena dalam kondisi tertentu berpotensi menjadi wabah atau epidemi. Ancaman zoonosis di Indonesia maupun di dunia cenderung terus meningkat dan berimpiklasi pada aspek ekonomi, kesehatan, keamanan dan kesejahteraan rakyat.
"Sulut sebagai daerah perbatasan negara memiliki potensi sebagai pembatas atau filter alami dalam pencegahan penyebaran wabah zoonosis dari luar negeri," kata Devi, pada kegiatan rapat penguatan peran SKPD dalam pengendalian zoonosis di Ruangan C.J Rantung, Rabu (22/3/2017) siang.

Diketahui di Sulut, khusus kejadian zoonosis rabies, tercatat telah terjadi 49 kasus kematian selang tahun 2015-2016. Kondisi tersebut sebagai bukti masih besarnya tantangan untuk mencegah dan merespon cepat dampak dari wabah zoonosis. Penyebab terjadinya wabah zoonosis diantaranya adalah pertumbuhan populasi manusia dan satwa. "Hal itu antara lain disebabkan meningkatnya degradasi ekositem, pemanasan global, urbanisasi pendusuk yang progresif, pertumbuhan populasi manusia dan satwa dan intensifikasi industri peternakan," jelasnya.(man)


No comments

Powered by Blogger.