Header Ads

HARGANAS XXV Sukses. Olly : Terimakasih Kepada Peserta Semoga Bisa Berkunjung Lagi ke Sulut


Gubernur Sulut Olly Dondokambey Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Pembukaan Pameran HARGANAS XXV
Jurnal,Manado – Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Ibu Kota Provinsi yaitu Manado, beberapa hari ini dibanjiri oleh tamu kenegaraan maupun turis lokal dan mancanegara. Arus pengunjung tersebut  dikarenakan pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tahun 2018. Seperti terpantau pada acara pembukaan Pameran dan Gelar Dagang Harganas XXV Tahun 2018, di kawasan Megamas Manado, Jumat (06/07/2018) pagi. Ratusan pendatang memadati lokasi pameran tersebut yang dibuka langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak-PKK Pusat, Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Jumat (6/07/2018).
Dalam sambutannya, Ibu Gunarti menyampaikan pelaksanaan Harganas merupakan perwujudan perhatian pemerintah untuk menjadikan keluarga sebagai subjek pembangunan bangsa.
Pengguntingan Pita Oleh Ketua PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo Pada Pameran
Melalui momentum harganas peran keluarga penting untuk membangun karakter keluarga agar tercipta nilai keperibadian  tiap anggota keluarga untuk menjadi kekuatan dalam segala bidang demi terwujudnya ketahanan keluarga.
Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang didampingi Ketua PKK Prov. Sulut Ibu Rita Dondokambey Tamuntuan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan harganas kali ini, semoga para peserta dapat menikmati suasana Sulut yang damai dan bisa kembali mengunjungi daerah nyiur melambai pada kesempatan yang lain.
Selain Pameran, dalam Harganas juga dilaksanakan kegiatan acara makan malam bersama  di Graha Gubernur Sulawesi Utara dirangkaikan dengan pemberian penghargaan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani kepada 120 orang yang mendedikasikan dirinya dalam pembangunan keluarga.

Penghargaan berupa Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Darma Karya Kencana diberikan oleh Kepala BKKBN kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota, Ketua Tim Penggerak PKK yang disamatkan langsung oleh ibu Puan Maharani.
"Saya mengucapkan selamat kepada saudara saudara semua atas penganugrahan  di bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang telah bapak ibu hadirin semua yang telah terima," katanya.
"Hampir banyak sekali saya lihat Gubernur, Bupati, Walikota yang terpilih kemudian hadir di Manado ini" lanjutnya.
Pada besoknya, Sabtu (7/07/2018), dilanjutkan dengan acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional XXV Tahun 2018 di Kawasan Megamas Manado, Sulawesi Utara.
Mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, dan melahirkan generasi muda bangsa yang baik dapat dimulai dari perencanaan keluarga yang baik. Sesuai dengan pepatah “Kalau Terencana, Semua Lebih Mudah,” maka untuk itu, perlu dibiasakan memiliki rencana dalam keluarga, dan biasakan membuat rencana yang baik, jangan begitu tiba masa, baru tiba akal. Demikian arahan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Puncak HARGANAS
Acara itu dihadiri oleh Menteri PPPA, Yohana Yembise; Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey; Plt, Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo; Ketua TP PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo; Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK dr Kartika Devi Kandouw-Tanos; para Gubernur, Walikota/Bupati dan individu berprestasi penerima tanda kehormatan dari pemerintah; jajaran Forkompimda Sulut; remaja generasi berencana; jajaran BKKBD se-Indonesia; masyarakat Manado; dan media massa.

Program Keluarga Berencana diketahui sudah ada sejak tahun 1968 – 2018 yang artinya sudah berusia 50 tahun. Namun, masih saja ada yang belum paham arti pentingnya Keluarga Berencana Itu.
Di tempat yang sama, Gubernur Olly berterima kasih pada pemerintah pusat yang memberi kepercayaan kepada Sulut menjadi tuan rumah peringatan Harganas XXV. Kata Olly, agenda Harganas diikuti belasan ribu peserta dari seluruh Indonesia.

"Sekitar 13 ribu orang datang ke Sulut untuk mengikuti Harganas. Pertemuan ini adalah silaturahmi nasional. Pilkada serentak belum lama selesai dan dalam acara Harganas ini kita semua dapat berkumpul di Sulut," katanya.

Gubernur Olly juga turut mempromosikan pariwisata Sulut kepada ribuan peserta kegiatan Harganas. Dirinya mengajak para peserta untuk menikmati keindahan panorama alam dan keramahtamahan masyarakat Sulut yang dapat memberikan kesan dan warna tersendiri bagi para peserta kegiatan Harganas.
Usai menghadiri acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional XXV di Kawasan Megamas Manado, Sabtu (7/7/2018) siang, Menko PMK Puan Maharani dan rombongan menyempatkan diri berkunjung ke pusat latihan atlet tinju asal Sulawesi Utara yang akan bertanding di arena Asian Games 2018, Agustus mendatang di Komplek Olahraga Sario, Kota Manado.

Menko PMK, yang didampingi oleh Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakapolda Sulut Brigjen Johny Asadoma dalam keterangannya kepada wartawan menyampaikan bahwa secara keseluruhan, semua persiapan gelaran Asian Games 2018 sebagian besar sudah rampung dikerjakan.

“Insya Allah semuanya sudah 96 persen, tinggal masalah-masalah teknis saja,” ujar Puan.

Menko PMK optimis bahwa semua kesiapan infratsruktur bisa selesai tepat waktu. Dalam kesempatan ini, Menko PMK juga menyatakan dukungannya kepada para atlet yang akan bertanding.

“Jika semua fasilitas arena sudah selesai, tinggal kita tunggu kesiapan para atlet mengibarkan bendera merah putih, mengukir prestasi di Asian Games nanti,” katanya.

Menko PMK dan rombongan lalu bergerak menuju Komplek sentra produk UMKM hasil binaan Bank Rakyat Indonesia dan Lion Grup. Menko PMK menyempatkan diri bertanya tentang beragam produk yang ditawarkan di Jendela Indonesia. Mulai dari hasil produksi, proses produksi, stok barang juga akses pasarnya.(adv)

No comments

Powered by Blogger.