Header Ads

PANADA Antar GSVL Terima Penghargaan Inovasi Portal Data Terbaik dan Walikota Terbaik se - Indonesia Dalam Berinovasi

Walikota Terima Penghargaan 
JurnalManado - Berbagai terobosan dilakukan Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Wali Kota Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan untuk kemajuan kota Manado. Salah satunya adalah terobosan PANADA (Portal Analisis Data Berbasis Peta), yang merupakan hasil kerja sama antara Kepala Lingkungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah. Portal ini memberikan informasi mengenai status kependudukan, pajak dan perizinan dalam sekali klik bidang hasil digitasi.
Walikota Dinobatkan Sebagai Best Walikota 2019

Karena terobosan dan inovasi yang cerdas tersebut, Manado dinobatkan sebagai pemenang Indonesian Innovation Award 2019 untuk dua kategori yaitu Innovation on Portal Data berbasis peta (PANADA) 2019 Pemkot Manado dan Best Walikota Indonesia Innovation Award (IIA) 2019. 

Penghargaan diberikan atas komitmen dan dukungan Walikota dengan hadirnya inovasi Aplikasi PANADA (Portal Analisis Data Berbasis Peta) di Bapelitbangda Kota Manado dan diterima langsung oleh walikota di Ballroom The Fairmont Hotel Jakarta, Kamis (24/04/2019).


Penghargaan diberikan karena Dewan Juri menilai bahwa pemerintah kota Manado layak untuk menerima penghargaan Indonesia Innovation Award Kategori khusus innovation on portal analisis data berbasis peta (PANADA) 2019 karena pemerintah daerah tersebut melakukan terobosan dalam inovasi.


Penghargaan diberikan atas komitmen dan dukungan Walikota dengan hadirnya inovasi Aplikasi PANADA (Portal Analisis Data Berbasis Peta) di Bapelitbangda Kota Manado. Di bawah binaan langsung Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan, PANADA merupakan aplikasi simpul jaringan yang difasilitasi Big Data melalui Kepala Bapelitbangda, Dr. Liny Tambayong dengan dukungan Dinas Kominfo, menghubungkan data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, data perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta data perpajakan di Badan Pendapatan Daerah. Dengan PANADA, Dashboard monitoring bisa menampilkan peta tematik perangkat daerah. Yang paling unik, PANADA bisa mendeteksi lokasi rumah atau tempat usaha di Manado sekaligus dengan identitas pemilik serta status sudah atau belum bayar pajak.
Foto Bersama Para Walikota Usai Menerima Penghargaan

Walikota pun memberikan apresiasi kepada pihak - pihak terkait khususnya tim di BIG Data Bapelitbang.

"Puji Tuhan hasil kerja keras, kerja cerdas dari kawan - kawan di BIG Data Bapelitbang dan SKPD terkait lnovasi PANADA (Portal Analisa Data Berbasis peta) dalam pengelolaan Pemerintahan berbasis Elektronik sejak tahun 2016 dengan tujuan layanan data berbasis peta dengan mudah dan cepat  untuk dimanfaatkan oleh publik (stakeholder). Jadi salah pemenang lnovasi layanan Pemda tahun 2019 dan malam ini dapat penghargaan lndonesia Inovation Award 2019.  Makase banyak kawan - kawan pemkot yang kreatif dan wargaku Manado yang hebat dan cerdas," ucap GSVL.

Meski demikian ia mengingatkan kepada seluruh ASN Pemkot agar terus melakukan inovasi dan tingkatkan kreativitas dalam menjalankan tugas.

"Ayo kawan - kawan pemkot jangan puas dan lelah untuk terus berkreasi dn berinovasi karena torang sudah masuk revolusi lndustri 4.0. Jangan torang tatinggal (kita tertinggal) dengan smart city lainnya," pungkas walikota dua periode ini.(man/ipeh)

Powered by Blogger.