Header Ads

Dukcapil dan KB Prov. Sulut Gelar Sosialisasi Administrasi

Bahagia : Tugas Dukcapil dan KB Yaitu Membantu Gubernur Dalam Melaksanakan Urusan Pemerintahan
Kadis Sukcapil dan KB Saat Memberikan Arahan Kepada Peserta Sosialisasi 
JurnalManado - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan KB Prov. Sulut menggelar Sosialisasi Kebijakan Terkait Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Tahun 2019, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Manado, Senin (30/09'2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh perwakilan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/kota.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan KB Prov. Sulut dr. Bahagia R. Mokoagow, M.Si, M.Kes memberikan arahan tentang pentingnya administrasi kependudukan dan sangat berperan dalam pembangunan, dimana dari sistem administrasi kependudukan dapat diketahui tentang data data penduduk dan informasi yang sesuai dengan keadaan penduduk serta kondisi suatu daerah. Karena itu dengan adanya Sosialisasi Kebijakan Terkait Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Tahun 2019 sangat tepat disaat akan dilaksanakan pilkada serentak tahun 2020. Sejalan dengan itu, Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Daerah Prov. Sulut yang mempunyai tugas membantu Gubernur dalam melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dibidang kependudukan serta tugas pembantuan, harus senantiasa total, prima dan paripurna dalam melaksanakan fungsi, mulai dari urusan kebijakan di bidang administrasi kependudukan, pelaksanaan kebijakan, pembinaan, evaluasi dan pelaporan di bidang administrasi kependudukan. 

Demikian juga dengan adanya Permendagri No. 119 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan DAK non fisik bagi Dinas Dukcapil dan KB Daerah Prov. Sulut dan Dinas Dukcapil kabupaten/kota se Provinsi Sulawesi Utara mempercepat tuntasnya pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. 

Dijelaskan Bahagia bahwa ada tiga hal penting sosialisasi kependudukan yaitu pentingnya Sosialisasi ini secara berkesinambungan disampaikan kepada seluruh masyarakat agar masyarakat mengerti dengan jelas pentingnya data kependudukan teristimewa tentang kegunaan KT P elektronik. Kedua, sejalan dengan hasil rumusan Rapat Koordinasi Pendaftaran Penduduk tanggal 3 Mei 2019, kita berkomitmen untuk mendorong tuntasnya perekaman dan pencetakan KT P elektronik bagi penduduk wajib di seluruh kabupaten/kota se Sulawesi Utara. Yang ke tiga yaitu Sosialisasi yang berbahagia guna dukungan dana DAK yang memadai kita wujudkan ama sinkronisasi program dan kegiatan antara pusat, provinsi dan kabupaten/kota sehingga terjalin sinergitas yang baik dengan mengedepankan pelayanan yang membahagiakan. 
"Saya berharap pelaksanaan acara sosialisasi ini kita dapat memperoleh manfaat yang berguna untuk menunjang tugas dan pelayanan yang membahagiakan di wilayah kerja kita masing -masing dan saya mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan kepada seluruh peserta yang sudah hadir, kiranya dapat menyimak dan memahami dengan benar apa yang diberikan oleh Narasumber," pungkas Bahagia.(man)

Powered by Blogger.