Iklan

April 30, 2013, 11:41 WIB
Last Updated 2013-04-30T18:58:13Z
Utama

Forward Sambut Gembira Keputusan SBY, Dumais Aminkan

JURNAL,MANADO-Adanya pernyataan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, bahwa Hari Buruh yang jatuh pada setiap tanggal 1 Mei akan diliburkan, tak hanya disambut para kaum buruh, tapi juga para insan pers. Salah satunya adalah yang tergabung dalam Forum Wartawan DPRD (Forward) Sulut yang diketuai oleh Martino Detamore Limpong SSos. Ia menyatakan, rencana bahwa 1 Mei yang lebih dikenal dengan sebutan May Day itu diliburkan adalah euphoria bersama seluruh buruh di Indonesia, termasuk pekerja pers.
“Pers atau wartawan, atau jurnalis juga merupakan buruh. Dan sebagai buruh kami menyambut gembira keputusan presiden untuk meliburkan tanggal 1 Mei yang memang merupakan hak buruh untuk mendapatkan libur,” ucap Limpong, Selasa (30/4) kemarin.
Hal yang sama juga dikemukakan para personel Forward lainnya, seperti Raymond Legi, Jost Tinungki, Suratman dan Ronald Rorong. Akan tetapi, kata mereka, diliburkannya hari Buruh oleh presiden, harusnya diikuti dengan kebijakan ataupun keputusan untuk lebih mensejahterakan buruh.
“Buruh yang di dalamnya juga pers, sangat mengapresiasi keputusan presiden ini. Tapi alangkah baiknya jika diikuti dengan kebijakan ataupun keputusan untuk lebih mensejahterakan kaum buruh, yang merupakan nadir dan elemen penting bangsa ini,” tambah mereka.
Pernyataan para personel Forward ini juga diamini oleh Ketua Komisi I bidang Pemerintahan dan Hukum, John Dumais. Legislator Partai Demokrat itu mengatakan, langkah yang diambil presiden sudah tepat. Dimana, 1 Mei diliburkan ini, merupakan tuntutan kaum buruh/pekerja sejak lama. “Dan ini bukan hanya penghargaan kepada kaum buruh saja, tapi adalah pemberian hak mereka untuk mendapatkan libur karena selama setahun menjadi penggerak roda ekonomi segala bidang penting lainnya di Negara ini, termasuk dunia jurnalisme,” tandas Dumais.(tim)