Iklan

May 23, 2013, 09:46 WIB
Last Updated 2013-05-23T16:46:34Z
Nasional

Kirim 2 milir ke Fathanah Atas Permintaan Walikota

MAKASAR-Mulyadi (45), pengusaha sekaligus ayah Elsya Putri Adiyanti (19), mengirim uang Rp 2 miliar ke rekening Bank Mandiri Ahmad Fathanah. Mulyadi mengirim uang itu atas permintaan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

Pengiriman itu dilakukan Mulyadi melalui rekening anaknya di Bank Mandiri cabang Toddopuli, Makassar pada 16 Juni 2012 lalu. Dana itu merupakan kumpulan dari tim sukses sebagai biaya tim pemenangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk memenangkan Ilham, yang mencalonkan diri sebagai calon gubernur Sulawesi Selatan. Mulyadi sendiri pada saat pencalonan Ilham-Aziz terdaftar sebagai tim sukses bagian pengumpulan dana kampanye.

PKS termasuk salah satu partai pengusung Ilham yang merupakan Ketua DPD Demokrat Sulsel yang berpasangan dengan calon wakilnya pada saat itu, Aziz Qahar Mudzakkar, yang merupakan anggota DPD RI asal Sulsel.

"Pak Ilham meminta saya mengirimkan dana Rp 2 miliar ke rekening Mandiri Ahmad Fathanah. Karena saya tidak memiliki rekening Mandiri, saya pun meminjam rekening Mandiri putri saya agar bisa mengirimkan dana tersebut, saya tidak mengetahui siapa itu Fathanah meskipun dia anak Makassar, saya hanya melihat wajahnya di televisi, dana itu saya tahu untuk tim pemenangan PKS yang dikirim ke DPP PKS di Jakarta melalui Fathanah," ungkap Mulyadi saat jumpa pers di Makassar, Kamis (23/5/2013).

6 Mei 2013 lalu, Ilham sempat diperiksa di Gedung KPK untuk dimintai keterangan kasus pencucian uang yang melibatkan Fathanah. Ilham yang ditemui detikcom keesokan harinya mengaku pernah mengirimkan sejumlah dana ke Fathanah untuk digunakan oleh tim sukses dari PKS yang akan memenangkan dirinya.

Ilham mengakui Fathanah merupakan mediatornya untuk mendapatkan dukungan dari PKS sebelum mencalonkan diri dalam Pilkada Sulsel lalu. Meski demikian Ilham gagal menyingkirkan pasangan Petahana Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang dalam Pilkada yang digelar 22 Januari 2013 silam.(dtc)