Iklan

May 12, 2013, 12:56 WIB
Last Updated 2013-05-12T19:56:26Z
Bolmut

Posumah Janjikan Damkar Tahun Ini

JURNAL,BOLMUT — Mobil Pemadam Kebakaran (Damker) merupakan sala satu fasilitas vital yang harus dimiliki sebuah daerah berkembang. Ironisnya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), sejak dimekarkan dari Bolmong Induk beberapa tahun lalu, hingga kini belum memiliki Damker.

“Pemkab Bolmut belum memiliki mobil Damkar. Padahal semestinya, fasilitas tersebut sudah harus ada,” ujar Yunan Tegela, warga Desa Kuala Kecamatan Kaidipang..

Menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut, seharusnya secepatnya melakukan pengadaan Damkar, sebab daerah ini cukup rawan dengan kebakaran, apalagi letak georafisnya berada di pesisir pantai yang suhunya cukup panas.


“Antisipasi ini sangat penting. Jangan sampai terjadi kebakaran baru kita kebingungan mau dipadamkan dengan apa,” kata Tegela. Ia juga  berharap Pemkab, bisa secepatnya mengadakan mobil damkar.

”Minimal setiap Kecamatan ada 1 unit mobil damkar. Dan itu lebih bermanfaat dibanding dengan pengadaan mobil-mobil lain yang setiap tahunnya ada pengadaan,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Drs,Hi.Reki Posuma, saat dikonfirmasi mengatakan, pengadaan damker memang sangat penting. sehingga, Pihaknya akan berupaya untuk secepatnya merencanakan pengadaan damker pada tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun ini kita segera mengadakan pengadaan Damker."Ujar posuma kepada Jurnal Sulut saat meninjau lokasi kebakaran di SLTP Negari 1 Kaidipang baru-baru ini. (**)