Iklan

July 11, 2013, 07:26 WIB
Last Updated 2013-07-14T16:59:37Z
NasionalUtama

Sel Terbakar, Petugas Terjebak Api, 200 Napi Kabur

Jakarta -Kerusuhan terjadi di LP Tanjung Gusta Medan, sejumlah tahanan sempat menguasai LP dan menahan beberapa petugas LP. Saat ini belasan petugas itu berhasil menyelamatkan diri dan berada di luar.

"Petugas Lapas sempat tertahan di dalam karena ditutup oleh tahanan. Sekarang sudah keluar semua," kata Humas Ditjen PAS Akbar Hadi kepada detikcom, Kamis (11/7/2013).

Menurut Akbar, petugas LP yang bertugas dan sempat 'terjebak' di dalam berjumlah sekitar 15 orang. Mereka berhasil keluar dan lepas dari para tahanan.

"(LP) memang sempat dikuasi oleh tahanan, mereka juga merusak pintu Lapas," ungkapnya.

Sementara itu, kebarakan di LP hingga pukul 20.45 WIB masih terjadi, petugas pemadam kebakaran sudah berada di lokasi untuk memadamkan api.

"Belum ada informasi terkait korban, saat ini sudah koordinasi dengan Damkar dan polisi," ucap Akbar.

Sebelumnya kerusuhan terjadi di LP Klas I Tanjung Gusta Medan sekitar pukul 17.30 WIB. Kerusuhan itu dipicu padamnya listrik yang berimbas pada supply air di lapas. Sejumlah tahanan melarikan diri akibat kerusuhan itu Polisi dan petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api yang membakar di LP Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Momen itu dimanfaatkan sejumlah napi untuk kabur.

Upaya melarikan diri tersebut dilakukan para napi melalui sisi kiri depan gedung LP yang juga terbakar, Kamis (11/7/2013) malam. Tetapi upaya itu segera diatasi petugas yang berjaga.

"Ada yang lari," teriak seorang petugas.

Lalu puluhan petugas yang lainnya segera ikut mengejar. Mereka berlarian di antara gelapnya komplek LP karena pemadaman listrik.

Pihak kepolisian saat ini sudah di lokasi kejadian untuk melakukan pengaman dan investigasi. Mabes Polri menyebutkan, sekitar 200 napi kabur dari LP tersebut.

"Ada sekitar 200 napi yang kabur. Itu masih perkiraan sementara, masih dihitung," ujar Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Sutarman.(dtc)