Iklan

December 23, 2013, 07:00 WIB
Last Updated 2013-12-23T15:00:01Z
Boltim

80 Desa Dapat 21 Miliar


Jurnal Manado, Boltim – Tahun anggaran 2014 mendatang, Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan mengalokasikan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yakni sebesar Rp.21 Miliar untuk 80 Desa.

Seperti yang diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Drs Rusdi Gumalangit, pada Senin (23/12), besaran ADD tersebut sudah termasuk insentif para imam dan pendeta, serta Tunjangan Aparatur Pemerintah Desa (TAPD). Namun khusus untuk pembayaran insentif dan TAPD kata dia, akan dibuatkan juknis sendiri. Dengan kata lain, Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dibuat masing-masing.

“Juknis sedang diatur BPMPD, agar pembayaran TAPD serta insentif imam dan pendeta bisa terbayar setiap triwulan,” ujar Rusdi.

Rusdi juga mengungkapkan, untuk pengelolaan ADD, pihaknya hanya memproses administrasinya saja. Kata dia, untuk dananya berada di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

“Yang jelas soal Juknis ADD akan dibuat sendiri-sendiri. Mulai oprasional pemerintah desa, PKK, TAPD, insentif imam dan pendeta. SPJnya masing-masing,” ungkap Rusdi.

Ditambahnya, bagi 80 Desa yang akan menjadi pengelolah ADD bisa membuat SPJ dengan baik. Karena selama ini selalu menjadi penghambat penyaluran ADD adalah masalah SPJ.
“Anggaranya ada dan pasti dicairkan. Asalkan mampu mempertanggung-jawabkan secara administrasi,” tutup Rusdi. (Billy)