Iklan

December 2, 2013, 05:04 WIB
Last Updated 2013-12-02T13:04:08Z
Boltim

Kantor Depag Boltim Gelar Wisuda Santri Pertama

Jurnal Manado, Boltim – Dalam rangka meningkatkan spritualitas para santri yang tersebar di taman pengajian seluruh desa se Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kantor Departemen Agama (Depag) Boltim menggelar Wisuda Santri untuk pertama kalinya.

Gelaran wisuda pada Senin (02/12), dilakukan di Aula lantai III kantor Bupati Boltim. Tampak hadir Bupati Boltim Sehan Salim Landjar, Sekertaris Daerah (Sekda) Ir.Muhammad Assagaf, Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim Sofyan Al habsyi, Ketua Komisi III DPRD Boltim Hj. Rita Lamusu, serta kepala kantor Depag Boltim Hi. Muhammad Subakti S.Ag selaku pihak penyelenggara.

Sementara itu Kakan Depag Boltim, Hi. Muhammad Subakti S.Ag saat ditemui mengatakan, peserta wisuda terdiri dari para santri dan santriwati yang telah khatam Qur’an. Kata dia, sebanyak 986 santri dan santriwati se Boltim akan diwisuda oleh Bupati Boltim.

“Peserta wisuda berasal dari taman pengajian seluruh desa di lima kecamatan. Untuk kecamatan Tutuyan sebanyak 253 peserta, Kotabunan 160 peserta, Nuangan 212 peserta, Modayag Barat 191 peserta, serta kecamatan Modayag 170 peserta,” ungkap Subakti.

Dia juga mengatakan, untuk penyelenggaraan wisuda tingkat kabupaten tersebut, kedepan akan terus berjalan setiap tahunnya di Boltim. Sebab kata dia, sejauh ini bagi tingkat kabupaten belum pernah melakukan wisuda masal setelah para santri habis mempelajari Al-Qur’an di tiap-tiap taman pengajian.

“Ini akan terus dilakukan setiap tahunnya. Jadi setelah santri selesai mempelajari Al-Qur’an, akan di wisuda pada tingkat kabupaten yang nantinya akan dilakukan oleh Bupati Boltim,” tambah Subakti. (Billy)