Iklan

December 2, 2013, 05:06 WIB
Last Updated 2013-12-02T13:06:01Z
Boltim

Akibat Cacat Daun, Puluhan Ribu Bibit Cengkih Akan Ditarik Dishutbun

Jurnal Manado, Boltim – Terkait penyaluran puluhan ribu bibit cengkih kepada masyarakat kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) beberapa hari lalu, kini dikabarkan akan ditarik kembali Dihutbun Boltim. Pasalnya menurut sejumlah warga yang menerima bibit tersebut kepada Kepala Dinas Dishutbun Boltim, bahwa keadaan bibit yang diterima mengalami cacat daun.

“Sesuai laporan warga, katanya bibit cengkih yang diberikan banyak mengalami cacat daun. Oleh sebab itu akan dilakukan penariakan untuk diteliti kembali di labaoratorium apakah layak tanam atau tidak,” ujar Muhammad Yahya selaku Kadis Dishutbun Boltim pada Senin (02/12).

Yahya juga mengatakan, saat ini pihak Dishutbun Boltim tengah menyusun Tim pemeriksa untuk melakukan penelusuran di beberapa kelompok yang menerima bibit tersebut. Kata dia, nantinya dalam pemeriksaan bibit, bila terdapat ada yang mengalami cacat daun maka akan segera diamankan.

“Saat ini Tim Dishutbun tengah dibentuh, tinggal melakukan penelusuran dalam waktu dekat. Jadi hanya bibit yang rusak ayang akan ditarik sementara sisanya ditinggal,” kata Yahya. (Billy)