Iklan

December 5, 2013, 17:00 WIB
Last Updated 2013-12-06T01:00:15Z
Boltim

Saida Ingatkan Warga Waspadai Konsumsi Pangan Sembarangan

Jurnal Manado, Boltim – Dalam rangka menindaklanjuti gelaran sosialisasi yang digelar pada Kamis (05/12) kemarin, tentang pengawasan dan keamanan kesehatan makanan hasil industri yang berada di kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Boltim Saida Potabuga, menghimbau agar masyarakat mewaspadai konsumsi pangan sembarangan.

Pasalnya, menurut Saida, keamanan pangan merupakan faktor yang perlu diperhatikan setiap masyarakat dalam kesehariannya. Sebab, kondisi dan upaya pencegahan sangat penting agar jauh dari kemungkinan cemaran biologis, kimia yang dapat mengganggu serta merugikan kesehatan.

“Kita perlu memperhatikan kondisi pangan saat ingin mengkonsumsinya. Sebab dalam setiap pangan industri mengandung beberapa zat yang nantinya dapat menggangu kesehatan,” kata Saida saat ditemui pada Jum’at (06/12).

Dia menambahkan, selain kondisi pangan, faktor kesterilan makananan juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum dikonsumsi. Sebab kata dia, bisa saja pada setiap makanan terdapat beberapa benda yang dapat merusak pencernaan manusia.

“Sebelum mengkonsumsi makanan baiknya diperiksa terlebih dahulu. Sebab biasanya pada setiap makanan seperti kue, terdapat potongan kayu, besi ataupun rambut dari pengola itu sendiri,” imbuhnya. (Billy)