Iklan

January 11, 2014, 05:43 WIB
Last Updated 2014-02-23T13:43:28Z
Manado

First Lady Manado Buat Kagum Istri Bupati/Walikota Daerah Lain

Ibu Walikota saat Demo Masak
Jurnal,Manado-Dukungan sepenuhnya terhadap penyelenggaraan Rakornas APKASI dan APEKSI ke-II yang dilaksanakan  di Kota Manado terus ditunjukan oleh tuan rumah kota Manado. Kali ini First Lady yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado, Prof. Dr. Julyeta. P. A. Runtuwene, MS. Dukungan tersebut lebih nampak terlihat dalam kegiatan Ladies Program yang dilaksanakan di Rumah Pintar hari Sabtu,11/01/2014. 
 
Kegiatan ini di khususkan untuk para istri Walikota dan Bupati yang ikut dalam acara Rakornas APKASI dan APKASI. Dalam kegiatan tersebut istri Walikota Manado didampingi Wakil Ketua TP-PKK Seyla Mangindaan Kudati ST ME, dan Ketua Dharma Wanita Kota Manado Ir. Deasy Sendoh – Kandowangko, MSi  memperkenalkan tentang ragam kebudayaan serta kuliner khas daerah Manado dan juga program-program yang diselenggarakan oleh TP-PKK kota Manado dan juga Dharma Wanita. 
 
Ada hal menarik ketika para istri-istri para Walikota serta Bupati ini menyaksikan langsung demo masak tinuktuan atau lebih dikenal sebagai bubur Manado, tak lupa juga Ibu Julyeta memperkenalkan kain khas kota Manado yang juga menjadi andalan baru kota Manado yaitu Kaeng Manado. 
 
Dalam sambutannya Ibu Julyeta mengatakan  bahwa Kaeng Manado adalah produk hasil inisiatif dari Tim Penggerak PKK yang sudah mendapatkan hak paten, dan beliau merasa bersyukur bisa bertemu dengan dan bercengkrama dengan ibu-ibu ketua tim pengerak PKK yang ikut bersama suami dalam kegiatan Rakornas APEKSI dan APKASI. 
 
Ladies program ini juga menjadi tempat untuk sharing dan tempat bertukar pikiran bagi pengembangan pemberdayaan perempuan dan masyarakat di daerah kabupaten dan kota. Ibu Seyla juga selaku Wakil ketua TP-PKK Kota Manado mengucapkan trima kasih kepada ibu-ibu yang telah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ladies program ini baik dari TP-PKK kecamatan dan Dharma Wanita.
 
Dalam kesempatan itu juga mewakili ibu-ibu ketua TP-PKK istri dari bupati Pekalongan Ny. Balgis Diab dan dan istri Bupati Sumbawa Barat Ny.Lina Zulkifli sangat senang bisa mengikuti ladies program yang diselenggarakan oleh Ketua TP-PKK kota Manado, apalagi mereka bisa berkunjung ke rumah pintar yang belum dimiliki oleh daerah mereka dan mengetahui keanekaragaman budaya serta ragam kuliner yang ada di kota Manado. 
 
Hadir pula dalam rombongan ladies program tersebut Ny. Erna Sukemto istri Bupati Purbalingga,Ny.Dacrin Said dari Demak,Ny. Lucy Genius dari Pariaman,Drg.Enny Sudirman dari Jambi, Tarakan oleh Ny.Sukardjo dan sekretaris Nasional APEKSI Jakarta Dian Angreini. 
Dalam kegiatan ini ibu Walikota dan Wakil Walikota serta ibu Sekda memberikan cendramata khas kota Manado kepada para ibu-ibu istri Walikota dan Bupati yang ikut dalam ladies program ini. Ladies program ini didukung juga oleh ketua-ketua TP-PKK di kecamatanKota Manado serta ibu-ibu Dharma Wanita Kota Manado.(tim)