Iklan

April 7, 2014, 11:21 WIB
Last Updated 2014-04-07T18:21:44Z
Manado

Dampak Banjir, Banyak Truk Sampah Rusak Parah

Ka.Dinas Kebersihan Kota Manado,Julises Deffie Oehlers, SH
Jurnal,Manado- Banjir bandang yang menyapu kota Manado 15 Januari lalu masih bersisakan dampak. Hal ini seperti pengakuan Kepala Dinas Kebersihan Kota Manado, Julises Deffie Oehlers,SH kepada jurnalmanado.com. Julises mengatakan jika penyebab banjir 15 Januari lalu, menyebabkan kendaraan 'Truk Sampah' rusak.

“Saat ini, pihak kami terus terang kekurangan kendaraan, hal ini di sebabkan karena terlalu dipaksakan (forsir) pada penanganan banjir yang lalu, jelas Julises.

Menurutnya, kendaraan-kendaraan yang dimiliki oleh Dinas Kebersihan, dalam hal ini untuk truck pengangkut sampah tersebut, banyak yang telah tua. “Kendaraan so tua, dan dimaksimalkan di masa penanganan banjir yang lalu, sehingga banyak yang so rusak, bahkan sudah parah."

Ditambahkannya, meski demikian dinas kebersihan tetap melakukan pembersihan di seluruh titik wilayah Kota Manado setiap hari, sehingga jika dibandingkan dengan keadaan waktu banjir, wilayah Manado seperti tidak terjadi apa-apa. 

Julises menghimbau agar masyarakat menjaga kebersihan terus setiap hari, dan terus menerapkan Pola Kumpul, Pilah dan Olah. “Selaku Kepala Dinas Kebersihan, kami meminta masyarakat untuk jaga kebersihan terus, kumpul, pilah, olah, sehingga semakin sedikit sampah yang dibuang ke TPA. Hal itu tentunya dimulai dari rumah tangga masing-masing .Sampah kering berupa kertas, botol sisa kemasan, bisa dipilah, dan dijual kepada pengumpul. Demikian juga dengan sampah basah dapat ditanam, sehingga bisa menjadi Pupuk, tandasnya.(luq)