Iklan

April 17, 2014, 09:36 WIB
Last Updated 2014-04-17T16:36:00Z
ManadoPendidikan

Pemilu Berkualitas Demi Kemajuan Bangsa

Diskusi di kmpus Univ. Samratulangi Manado
Jurnal,Manado- Senin (7/4) bertempat dikampus Universitas Sam Ratulangi dalam diskusi bertema Vitalisasi Nilai Pancasila Dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Dan Kualitas Pemilu 2014, Reinaldi Sasundame Ketua Senat Fisipol Unsrat, menyatakan bahwa tingginya Golput karena banyak Caleg yang tidak berbobot.

Hal tersebut juga terjadi pada caleg yang berlatar belakang aktivis, mereka lemah dalam hal komitmen dan kompetensi.” Yang mesti kita galang bersama adalah bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat” ujarnya berapi-api. Fenomena terjadinya Golput juga disebabkan adanya kejenuhan yang dirasakan oleh masyarakat karena banyaknya kegiatan pemilihan mulai dari Pilkades, Pileg, Pilbub, Pilgub sampai Pilpres, serta adanya ketidak puasan masyarakat terhadap pemimpin yang kita pilih.

Lebih celaka lagi Pemilu adalah urusan duniawi yang tidak ada hubungannya dengan agama, sehingga penuh dengan intrik dan menghalalkan segala cara. Oleh karena itu harus di pastikan penyelenggaraan Pemilu yang taat asas dan aturan, memperkuat integritas pengawas pemilu, mengawal integritas penegakan hukum pemilu, meningkatkan kapasitas kelembagaan pengawas pemilu, dan mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat sipil. (agl)