Iklan

April 29, 2014, 11:25 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:27:55Z
Politik

Raski Kembali 'Ngantor' di Deprov

Jurnal,Manado-Pertarungan memperebutkan kursi di legislative DPR begitu ketat. Sehingga saling singkir dan gencet sesama partai tak bisa dihindari. Adu kekuatan dan pada akhirnya yang  kuatlah yang menang dan berhak memperoleh kursi di DPR. Pun terjadi di Daerah Pemilihan (Dapil) IV, Bolaang Mongondow (Bolmong) Raya. Dimana Incumbent dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS),  harus tersingkir oleh Rita Lamusu Manopo yang notabane satu partai.  Partai Gerindra, Ir. Muhamad Yusuf Hamim, pendatang baru berhasil peroleh satu kursi.

Incumbent Partai Demokrat, Idrus Mokodompit akhirnya juga harus menyerahkan kursinya kepada pendatang baru Merly Budiman. Affan Rivandi Mokodongan dan Mursan Ardhiyansa Imban berhasil mewakili PAN untuk DPRD Provinsi.

Sementara itu, partai raksasa seperti PDIP terbilang yang paling sukses meraup kursi. Partai tersebut berhasil menyingkirkan Partai Golkar dimana pada periode 2009 – 2014 partai yang berlambang pohon beringin ini memperoleh kursi terbanyak. Golkar sendiri saat ini hanya memperoleh dua kursi yaitu Ny Hj Marlina Moha Siahaan dan Incumbent termuda pada periode lalu, Raski Mokodompit. Dirinya berhasil mempertahankan satu kursi setelah mengalahkan incumbent lainnya dari partai yang sama.

Pengamat politik, taufik tumbelaka saat diwawancara, Selasa (29/04) mengatakan, inilah fakta yang harus diterima bahwa dalam pertarungan memperebutkan kursi legislative yang kuatlah yang menang. “Incumbent yang benar-benar kuat yang mampu mempertahankan kursinya,” terang Tumbelaka sembari mencontohkan salah satu politikus termuda di DPRD Provinsi dan adalah incumbent Partai Golkar, Raski Mokodompit yang mampu bertahan pada pada pilcaleg untuk periode 2014-2019.

Sementara itu Raski Mokodompit yang terpilih kembali mengucap sukur yang setinggi-tingginya dan berterima kasih kepada warga Bolmong Raya yang telah mempercayakan dirinya untuk kembali lagi memperjuangkan aspirasi warga.
“Kepercayaan ini akan saya jaga dan pertanggungjawabkan kepada warga bolmong. Mudah-mudahan kita yang terpilih dari dapil bolmong dapat bergandengan tangan dan bersama-sama nanti dalam memperjuangkan apirasi warga bolmong yang kita cintai,” ucap Ketua Komisi IV ini.(man)