Iklan

April 24, 2014, 11:56 WIB
Last Updated 2014-04-25T19:09:21Z
Advetorial

Walikota Siap Cairkan Tunjangan Para Guru

Walikota GSVL ketika bertatap muka dengan para guru di Kec. Wanea,
Jurnal,Manado- Tunjangan sertifikasi guru tahun 2010-2012 yang masih menjadi pertanyaan bagi sebagian guru profesional di Kota Manado akhirnya terjawab sudah. 
Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Dr. Harley A.B. Mangindaan selaku Pemerintah Kota Manado telah menyiapkan dana milyaran rupiah untuk para guru profesional dan pengawas sekolah, hanya saja dana tersebut bisa dicairkan setelah melalui audit BPKP dan Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang dikeluarkan Menteri Pendidikan Nasional.
Dalam penjelasannya Walikota GSVL  mengatakan "Kita memang memiliki dana SILPA untuk pembayaran tunjangan sertifikasi tersebut, tetapi proses pembayarannya belum bisa dilaksanakan karena adanya surat dari beberapa Dirjen di lingkungan Kemendiknas tentang penundaan pencairan anggaran dan penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi. Karena bencana yang melanda Manado, audit yang dilaksanakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat baru bisa dilaksanakan 28 Januari hingga 4 Februari 2014. Karena proses auditnya telah selesai dan kita dalam kondisi siap, maka tanggal 22/04 saya telah menandatangani Permohonan Penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) Carry Over tahun 2010 - 2012."
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Manado, Dante Tombeg, M.Pd mengemukakan bahwa Pemerintah Kota Manado pada prinsipnya untuk tahun 2014 ini sudah siap mencairkan tunjangan yang telah lama ditunggu para guru profesional tersebut.
"Kita bahkan memiliki SILPA sebesar 23,8 milyar, sementara kebutuhan Carry Over pada tahun 2010 berjumlah lebih dari 200 juta dan tahun 2012 berjumlah lebih dari 18,5 milyar, sehingga kewajiban membayar kita (carry over) berjumlah lebih dari 18.7 milyar.

Untuk itu, Kamis 24/04 Tim dari Dinas Diknas Kota Manado akan membawa langsung Surat yang ditandatangani Walikota tersebut ke Kementrian Pendidikan" ujar Tombeg.
Tombeg yang mewakili Diknas Kota Manado juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Walikota GSVL dan Wawali Mangindaan serta memohon doa restu para guru agar semua proses penerbitan SKTP dan pencairan dana dapat berlangsung dengan lancar dan cepat. (luq)