Iklan

April 15, 2014, 03:01 WIB
Last Updated 2014-04-15T10:01:33Z
Manado

Wawali minta Pasar Berbenah

Wawali melakukan pantauan di Pasar
Jurnal,Manado- Wawali Manado Dr Harley Mangindaan Selasa (15/4) sejak pagi melakukan pemantauan wilayah Manado berhubungan Adipura penilaian pertama (P1). Usai wilayah kecamatan Sario, Wenang, Wawali melihat kondisi Pasar Bersehati. Dikatakan Wawali, secara kasat mata kebersihan memang lagi bagus tapi perlu ada sentuhan dan inovasi khususnya di wilayah Pasar Bersehati dan pasar yang ada di Manado.

Wawali menyarankan agar sebisa mungkin tumpukan sampah sisa sayur mayur jangan sampai hingga siang hari baru diangkat. "Perlu ketahui tim Adipura jika datang lakukan pemantauan kondisi kebersihan tanpa informasi sehingga perlu ada langkah-langkah yang kongkrit soal kebersihan.
Pasar harus berbenah, bisa saja sudah ada tim pemantau yang melakukan survey di wilayah Manado saat ini," terang Wawali. 

Bagi Kecamatan dan Kelurahan pun Wawali mengharapkan untuk lebih fokus pada wilayahnya. 
"Pasca banjir jangan dijadikan alasan wilayah Manado kita ini terlihat kotor. Adipura sebenarnya bertujuan memberikan motivasi agar kita bisa mengawal lingkungan kita tetap nyaman dan bersih. Sangat tidak lazim ketika Manado sudah mendapatkan piala Adipura hingga beberapa kali tapi usai itu dilapangan ternyata ada sampah yang tidak diperhatikan," tegas Wawali. 

Persoalan sampah, bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga didalamnya ada masyarakat dan pelaku usaha. "Saya ajak, mari kita kawal kembali kebersihan. Ada beberapa program seperti pemilahan sampah dan kompos yang harusnya ikut digalakkan warga dan pelaku usaha," tambahnya. 

Sementara itu, Dirut PD Pasar Didi Sjafii yang dimintai tanggapanya menyatakan, akan melakukan sosialisasi ke pedagang untuk bisa kawal kebersihan di lingkungan pasar. "Selain pedagang kami juga akan melakukan rapat dan evaluasi bersama petugas pasar agar tidak ada lagi sampah yang menumpuk hingga siang hari," kata mantan legislator Dekot Manado ini. 

Sedangkan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Manado Julises Oehlers SH mengatakan, kerja sama masyarakat sangat berperan dalam menjaga kebersihan. "Meski penataan taman kota dan petugas secara rutin mengangkat sampah, tapi jika tidak ada peran masyarakat mendukung program pemerintah tentunya apa yang diupayakan hingga saat ini akan sia-sia," kunci Oehlers. (luq)