Iklan

May 5, 2014, 12:19 WIB
Last Updated 2014-05-05T19:23:10Z
Manado

Wawali Ingatkan Penyelenggara agar Bersikap Jujur

Jurnal,Manado-Setelah membuka naskah ujian bagi siswa SLTP, Wakil walikota DR. Harley AB Mangindaan, mengingatkan kepada pihak penyelenggara agar dalam hal ini pihak sekolah agar tidak membantu siswa dengan cara yang tidak jujur. Seperti memberi kunci jawaban sebab hal tersebut adalah tindakan yang tidak terpuji.

"Kalau mau membantu siswa, berikan suasana yang tenang kepada siswa, agar mereka bisa berkonsentrasi dalam mengikuti ujian," katanya. 

Sembari berharap agar para siswa dapat mengikuti ujian dengan baik.
Sambil melihat-lihat kondisi sekolah  Wawali minta supaya seluruh penyelenggara berusaha mencari siapa saja, yang tidak ikut dan mengusahakan tetap ikut ujian, supaya dapat menyelesaikan pendidikan dasar 9 tahun. Sedapatnya, menurut Wawali jika ada yang tidak ikut ujian, harus dicari jangan sampai gagal, karena pendidikan adalah hak dasar seluruh warga negara. 

"Jika memang mereka tidak bisa ikut karena sesuatu sebab, usahakanlah agar tetap mengikuti di susulan, jadi tidak akan gagal," katanya.


Sementara itu Kepala Sekolah  SMP Negeri 2 Manado Butje Lengkey, S.Pd, M.Pd menjelaskan, di sekolahnya peserta UN sebanyak 375 orang, dan ada sekolah bergabung yakni SMP Emanuell dan SMP Terbuka. "SMP 2 sebanyak 332 orang, SMP Emanuel yang bergabung 17 orang dan SMP Terbuka sebanyak 26 orang" kata Lengkey. Usai dari kawasan Perkamil, Wawali meninjau kegiatan Ujian di SMP Negeri 11 Manado yang berlokasi di Kawasan Sumompo. Terlihat Wawali meninjau 6 ruang yang dijadikan lokasi ujian. Kepsek SMP Negeri 11 Manado Riane Pangkey, mengatakan di sekolahnya peserta sebanyak 114 orang, tidak ada sekolah bergabung sehingga pelaksanaannya tunggal.(luq)