Iklan

June 30, 2014, 05:01 WIB
Last Updated 2014-06-30T12:01:23Z
Manado

Pemkot dan BS Gelar Sosialisasi Kewirausahaan


Jurnal,Manado - Sejalan dengan tujuan pembangunan perekonomian indonesia saat ini dimana pemerintah selalu berusaha memperkuat fondasi perekonomian dalam negeri. Salah satu faktor yang dapat memperkuat perkonomian adalah dengan mengembangkan semangat perkoperasian dan kewirausahaan di kalangan masyarakat indonesia. Anggota Korpri sebagai bagian dari masyarakat Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan kewirausaan dan koperasi, Senin (30/06) bertempat di gedung serbaguna pemkot Manado. pemerintah Kota Manado bekerjasama dengan Bank Sulut mengadakan sosialisasi teknis-teknis kewirausahaan dan koperasi bagi pemerintah kota Manado. Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik pegawai negeri, KEPRES Nomor 82 tahun 1971 tentang korps pegawai republik indonesia, KEPRES Nomor 24 tahun 2005 tentang pengesahan perubahan anggaran dasar korps pegawai republik indonesia dan DPA Sekretariat Korpi TA 2014 maka terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini. Mewakili Sekretaris Daerah Kota Manado Ir.M.H.F Sendoh, Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Joshua Pangkerego MAP mengatakan bahwa tujuan sosialisasi ini ialah memberikan pembekalan kepada anggota korpri menjelang purna tugas untuk membuka peluang usaha kedepannya.
“Memberikan pembekalan kepada anggota korpri menjelang purna tugas sehingga nantinya ketikan sudah pensiun para anggota korpri sudah memiliki usaha-usah baik usaha mikro maupun kecil yang nantinya bisa membantu perekonomian keluarga dan bank sulut memberikan tips-tips bagaimana membangun usaha.”ujar Pangkerego.
Selain itu juga tujuan dari sosialisasi ini ialah membentuk eksistensi sebagai SKPD untuk ikut serta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup dan membangun aparatur yang sejahtera baik waktu bertugas maupun setelah purna tugas. Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kota Manado Ventje Rumambi,S.Sos mengatakan maksud dari kegiatan ini agar para anggota korpri memiliki kemampuan dan pemahaman teknis berwirausaha dan koperasi.
“kegiatan ini bermaksud meningkatkan derajat pengetahuan, ketrampilan dan sikap peserta dalam memfasilitasi perencanaan pembangunan berkesinambungan”terang Ventje.
Kegiatan ini diikuti oleh utusan SKPD dilingkungan pemerintah kota Manado dan sebagai narasumber dan materi dari dinas Koperasi dan UMKM Kota Manado yang memberikan materi tentang teknis kewirausahaan dan koperasi serta Bank Sulut dengan materi dukungan Bank Sulut bagi anggota korpri dalam berwirausaha.(luq)