Iklan

July 22, 2014, 09:43 WIB
Last Updated 2014-07-22T16:43:06Z
Nasional

Kapal Pinisi Simbol Komitmen Kembalikan Kejayaan Nusantara

Jurnal,Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo menyampaikan pidato perdana setelah penetapan dan pengumuman hasil Pemilu Presiden 2014, Selasa (22/7/2014) malam, di atas kapal pinisi Hati Buana Setia. Ada pesan filosofis di balik pilihan lokasi pidato perdana ini.

"Dipilihnya tempat ini adalah simbol komitmen dari pasangan ini (Jokowi-Jusuf Kalla) terhadap pembangunan dunia maritim Indonesia," tulis akun Twitter media center Jokow-JK, Selasa malam. Kapal tempat Jokowi berpidato ini bersandar di Dermaga IX Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Akun ini menuliskan pula, pilihan lokasi tersebut menyiratkan pesan untuk mengembalikan kejayaan Nusantara. "Dengan mengembalikan kejayaan maritimnya."

Ekonom Faisal Basri, juga memberikan pemaknaan serupa atas pilihan pidato perdana di atas kapal nelayan tersebut. Lewat akun Twitter-nya, Faisal berpendapat pilihan lokasi ini, "Membentangkan kejayaan Indonesia dengan kembali ke jati diri sebagai negara maritim."

Faisal pun menyerukan ajakan untuk mencanangkan hari penetapan hasil Pemilu Presiden 2014 ini sebagai hari menyatakan kembali kesadaran diri bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan maritim.(kps)