Iklan

July 13, 2014, 10:03 WIB
Last Updated 2014-07-13T17:03:15Z
Utama

Mampukah Jerman hentikan "Kutukan" di Benua America ?

Jurnal –  Final Piala Dunia 2014 akan mempertemukan Argentina kontra Jerman di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin 14 Juli pagi ini. Laga ini layak disebut duel klasik, karena ini juga pertarungan ketiga untuk kedua tim di laga puncak.

Alhasil, ini menjadi duel yang paling sering terjadi di final Piala Dunia.  Sebelumnya, Argentina dan Jerman pernah bertemu di final 1986 dan 1990. Pada final 1986, Argentina keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2 di mana kala itu Jerman masih memakai nama Jerman Barat.

Sedangkan pada 1990, Jerman berhasil menang dengan skor tipis 1-0 pada Piala Dunia yang berlangsung di Italia tersebut. Selain itu, masih ada fakta-fakta lainnya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Berikut fakta-fakta menarik Jerman Vs Argentina
:

1.
Ini akan menjadi final kedelapan bagi Jerman, sebuah torehan yang belum bisa dipatahkan negara lain. Dari delapan final tersebut, Der Panzer berhasil memenangkan tiga di antaranya.

2. Bagi Argentina, ini akan menjadi final Piala Dunia untuk yang kelima kalinya. Sejauh ini, La Albiceleste baru menang dua kali dan kalah dengan jumlah yang sama dari empat penampilan sebelumnya.

3. Final ini akan menjadi pertemuan ke-10 antara tim Eropa dan Amerika Selatan di final. Di mana perwakilan Amerika Selatan berhasil memenangkan tujuh final di antaranya.

4. Dari 7 kali World Cup yang berlangsung di benua Amerika, tidak sekali pun negara-negara Eropa keluar sebagai pemenang. Apabila Jerman berhasil menjadi juara di Piala Dunia yang berlangsung di Brasil ini, maka mereka akan menghentikan "kutukan-kutukan" tim Eropa itu.

5. Semua pemain dari kedua kesebelasan akan melakoni final Piala Dunia untuk pertama kalinya, kecuali Miroslav Klose yang pernah melakoni final Piala Dunia 2002.

6. Fakta bahwa sebuah negara dengan pelatih asing tak pernah menjuarai Piala Dunia akan kembali berlanjut di final Piala Dunia edisi kali ini. Pasalnya, Joachim Loew (pelatih Jerman) dan Alejandro Sabella (pelatih Argentina) berasal dari negara yang mereka latih.

7. Jawara Piala Dunia 2014 akan mendapatkan hadiah sebesar 35 juta dolar AS atau setara dengan Rp407 miliar. Sedangan yang meraih tempat kedua akan mendapat 25 juta dolar AS atau setara Rp290 miliar.

8. Kedua tim sudah bertemu sebanyak 20 kali di ajang internasional. Argentina sejauh ini masih mendominasi rekor pertemuan dengan Jerman. Mereka menang 9 kali atas Jerman, sedangkan Der Panzer baru meraih kemenangan di 6 kesempatan. Sisanya, diakhiri dengan hasil imbang. (vvn)