Iklan

August 31, 2014, 05:34 WIB
Last Updated 2014-08-31T12:34:25Z
Internasional

Masuk dan Keluar Pintu Masjid Nabawi adalah Sama



Jurnal,Jedah - Mulai Senin 1 September depan jamaah haji Indonesia diberangkatkan ke Tanah Suci. Berikut tips agar jamaah haji tidak tersesat dan tidak menjadi korban penipuan.

‎"Yang pertama, masuk pintu Masjid Nabawi itu harus diingat. Masuk dan keluar harus dari pintu yang sama. Kalau kita tidak ingat pintu apalagi ciri tertentu itu pasti akan nyasar," kata Hery Syafa, Kepala Sektor Khusus Madinah, di kantornya, Minggu (31/8/2014).

Yang kedua keamanan diri sendiri harus diperhatikan. Untuk wanita ini hindari jalan sendiri karena banyak penipuan-penipuan.

"Kita khawatirkan karena inii negara yang berbeda. Yang tua terutama dipepet terus diambil barangnya hanya bisa menangis, itu harus kita lindungi," kata Hery mengingatkan banyaknya modus penipuan di sekitar Masjid Nabawi.

Yang ketiga adalah solusi supaya jamaah tidak tersesat dan mudah mencari temannya. "Mereka juga harus punya contact person ketua regunya, ketua rombongannya," imbaunya.

Keempat adalah setiap jamaah harus paham betul lokasi penginapannya. Kalau tidak bisa-bisa tersesat saat meninggalkan pondokan saat gelap.

"Mereka perlu menghafalkan betul‎," pungkasnya.(dtc)