Iklan

August 27, 2014, 01:51 WIB
Last Updated 2014-08-27T09:28:04Z
ManadoUtama

Walikota Optimis Catatan BPK akan Diselesaikan Tepat waktu



Jurnal,Manado – Apa yang menjadi catatan Badan pemeriksaan Keuangan (BPK) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Pemkot Manado Tahun 2013, sehingga Manado tidak dapat meraih opini Wajat Tanpa Pengecualian (WTP), langsung ditindak lanjuti Walikota Manado, Vicky Lumentut. 
"Pada rapat evaluasi lalu saya sudah memberi arahan, petunjuk, dan motivasi kepada para Kepala SKPD agar melaksanakan pengendalian internal terhdap pelaksanaan program dan kegiatan. Pengendalian dimaksud tentunya bertujuan agar segala persoalan dan potensi masalah dapat diketahui, dianalisa, dan dicarikan jalan keluarnya. Saat itu juga saya sudah instruksikan agar semua temuan dapat disusun rencana aksinya dan semua persyaratan administratif terhadap tindak lanjutnya dapat segera dipenuhi dan diselesaikan tepat waktu sebagaimana disyaratkan' ujar Walikota.  “saya yakin semua bekerja maksimal dan apa yang menjadi catatan BPK akan segera diselesaikan,”
Sementara itu terhadap 31 temuan yang termuat dalam 2 LHP, Walikota Manado melalui Kepala Inspektorat, Andre Hosang, S.E, M.Si. didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah, Drs. Manarsar Panjaitan, M.Si. menyatakan optimismenya terhadap penyelesaian tindak lanjut dari rekomendasi BPK RI.
“Meskipun hanya mendapatkan opini WDP, pencapaian kita sebenarnya mengalami kemajuan signifikan. Begitu juga dengan jumlah temuannya meski berjumlah 31, hampir seluruhnya merupakan rekomendasi bersifat penyelesaian administratif. Apalagi kita telah memperlihatkan kemajuan yang sungguh-sungguh terhadap catatan-catatan yang disampaikan para auditor. Bahkan dalam sepekan ini ada beberapa SKPD sudah menyelesaikan rekomendasi temuannya. Kemajuan kita yang sangat signifikan adalah terkait dengan dokumen yg tidak terverifikasi akibat bencana, yang semula berjumlah 51 milyar lebih, tapi atas dorongan Pak Wali, kita semua bekerja keras hingga berkurang 14 milyar,' ujar Hosang dan Panjaitan.
Walikota Dr. G.S. Vicky Lumentut sendiri meskipun disibukkan dengan agenda keluar daerah, tetap memantau perkembangan tindak lanjut rekomendasi temuan tersebut. Pantauan dilakukan oleh Ketua Dewan Pengurus APEKSI ini melalui sarana sosial media ForS One, sebagaimana beberapa kali termuat dalam statusnya, di antaranya yang paling populer berbunyi,' Ayo semangat, selesaikan rekomendasi temuan BPK RI.' Tahun depan sendiri, Walikota menargetkan Manado Wajib raih opini WTP.(man)