Iklan

September 22, 2014, 05:31 WIB
Last Updated 2014-09-22T12:31:43Z
ManadoUtama

Dana Pilwako 34 Miliar, Sendoh Katakan Pakai Aturan Pilwako

Jurnal,Manado—Apa yang telah diusulkan oleh komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait anggaran untuk Pemilihan Walikota (Pilwako) 2015 nanti sebesar Rp 34 Miliar akan disingkronkan dulu oleh Pemkot Manado, baik dalam APBD Perubahan maupun APBD Induk. Demikian dikatakan Sekretaris Kota (Sekot) Manado, harvey Sendoh, usai melaksanakan pembahasan di ruang Toar Lumimuut Pemkot, Senin (22/09).
“Kita berharap apa yang diusulkan oleh KPU dengan 95 kegiatan yang membutuhkan anggaran sebesar Rp 34 miliar sudah sesuai aturan. Karena memang yang disampaikan staf sekretariat KPU Manado, mereka mengacuh pada Pilpres dan Pileg lalu dan itu APBN. Sementara APBD ada dasar-dasar aturan yang perlu dipedomani termasuk biaya umum karena ini pakai APBD sehingga pakai peraturan Walikota,” terang Sendoh.
Terkait dengan hal tersebut katanya, perlu ada penyelarasan dan persepsi yang sama sehingga dalam penyampaian ke Dewan.
“Artinya pembahasan ini untuk penyelarasan bentuk-bentuk kegiatan dan kita Pemkot minta klarifikasi, ini dan itu untuk apa,” terang Sekkot. Untuk usulan kegiatan KPU ada 6 pokja dan konsultasi. “Saya berharap diskusi ini menyelesaikan jenis kegiatan. Untuk jumlah rupiah akan kita lihat bersama sesuai dengan aturan di APBD Manado,” tambah Sekkot.
Ketua KPU Manado Eugenius Paransi menjelaskan bahwa besaran anggaran yang diusulkan telah dihitung untuk dua putaran pemilihan kepala daerah.
“Diusulkan pada APBD - P dan APBD Induk 2015,” terangnya.
 Ia juga menjelaskan bahwa dana tersebut akan digunakan akhir tahun, karena KPU akan segera melakukan seleksi panitia ad hoc pelaksana pemilihan kepala daerah di tingkatan paling bawah. “Singkronkan kegiatan di KPU dengan Pemkot agar mengikuti aturan serta tertib anggaran. Soal pokja dan kegiatan mengacuh 3 tahapan yakni, persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian dengan ada SK Walikota,” tandas Paransi. Dalam pembahasan tersebut dihadiri Kepala Bappeda Manado Peter Assa dan jajaran terkait Pemkot Manado serta jajaran KPU Manado.(luq)