Iklan

September 26, 2014, 07:21 WIB
Last Updated 2014-09-26T14:21:43Z
Utama

Fraksi Golkar Tidak Intervensi Fraksi PD

Jurnal,Jakarta - Fraksi Partai Demokrat mengambil sikap walk out saat pengambilan keputusan RUU Pilkada di sidang paripurna DPR. Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto menyatakan bahwa Ketua FPD Nurhayati Ali Assegaf sering koordinasi bersamanya sebelum sidang paripurna.


"Iya betul beliau sering ke tempat saya untuk koordinasi. Biasalah kita sering mengadakan koordinasi masalah politik," ujar Setya Novanto di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, Jumat (26/9/2014).

Anggota FPD Gede Pasek Suardika pun menyebut Nurhayati yang memerintahkan fraksi untuk walk out. Namun Setya membantah hal itu atas intervensi Golkar.

"Tak ada deal politik dalam setiap koordinasi kami. Biasa saja. Saya juga sering koordinasi dengan fraksi lainnya," imbuh Bendahara Umum Golkar tersebut.

Keputusan sidang paripurna akhirnya menentukan mekanisme Pilkada melalui DPRD. Partai Demokrat yang awalnya memihak Pilkada langsung justru memilih untuk walk out. Sebanyak 135 anggota dewan memilih Pilkada langsung, dan 226 lainnya memilih melalui DPRD.(dtc)