Iklan

September 15, 2014, 05:32 WIB
Last Updated 2014-09-15T12:32:21Z
Manado

Walikota : Komitmen Bayar Pajak Bantu Membangun Bangsa dan Negara



Jurnal,Manado – Kembali Walikota Manado GS Vicky Lumentut membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (rakorev) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, yang diselenggarakan di ruang serbaguna kantor walikota.
Dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa ada duah hal yang penting di dunia yaitu maut dan membayar pajak. Bahasa tersebut merupakan sebuah kiasan agar kesadaran warganya bahwa pembangunan bangsa hanya di satu jalan dan komitmen agar taat membayar pajak. "Dengan adanya komitmen untuk membayar pajak dari warga maka sangat membantu pemerintah untuk membangun bangsa dan negaranya," kata Lumentut.
Menurutnya, sistem dan aturan pajak dilaksanakan secara transparan, efektif, efisien dan akuntanbel, agar bisa terstruktur sehingga pajak yang dikumpulkan menyentuh langsung kepada masyarakat. "Pajak salah satu sumber pendapatan baik di level negara maupun daerah," ujar Lumentut, sembari menambahkan, dalam kaitan itu pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan adalah salah satu sumber PAD yang digunakan untuk membangun daerah. "Kota Manado sudah membuat perda no 1 tahun 2011 tentang biaya perolehan hak atas tanah dan bangunan atau BPHTB dan disusul dengan perda no 2 tahun 2011 tentang pajak daerah dan perda no 7 tahun 2012 tentang PBB P2, sebagai mengimplementasi dari hal ini, Manado dari 1 Januari 2014 PBB P2 sebagai pajak daerah ,” pungkasnya.(luq)